Asrama, ruang kelas dan fasilitas Pesantren Darul Ulum sungguh minim dan jauh dari kata layak. Para santri butuh sarana prasarana yang lebih baik agar nyaman belajar. Yuk bantu mereka!

Tinggal di Gubuk Sempit, Bantu Santri Darul Ulum Punya Pesantren Lebih Layak

Sahabat, mari kenalan dengan Pondok Pesantren Islam Darul ‘Ulum Jadid. Pesantren ini didirikan sejak 19 tahun lalu di kampung Palarik, Kelurahan Air Pacah, Kecamaan Koto Tangah, Kota Padang.

fbb0672d924d1b0bae976c8ec97f0aa2.jpg

Santri Darul Ulum Jadid saat ini berjumlah sekitar 300 orang dengan 32 guru atau pengasuh. Hampir seluruh santri di sini berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah bawah bahkan kurang mampu. Karena itulah, santri di sini hanya dibebani dengan biaya Rp. 160.000 per bulan, itu pun digunakan untuk berbagai keperluan santri sehari-hari seperti untuk makan.

c99b5de66cab84cea0b0b19649c97ee0.png

Inilah potret salah satu ruang belajar santri Darul Ulum Jadid. Berbahan kayu-kayu yang lapuk, tanpa loteng dan masih kekurangan kursi. Ada beberapa kelas yang terpaksa duduk lesehan di bawah karena kurangnya fasilitas bersebab keterbatasan biaya.

“Karena kita baru pindah, kondisi bangunannya masih seadanya aja Mas. Apalagi untuk ruang belajar santri yang masih banyak kekurangan dan mereka harus belajar secara lesehan. Bagian atasnya juga masih bolong, bagian dinding hanya berlapiskan triplek saja. Bukan hanya itu Mas, dapur tempat santri juga sangat sempit sementara yang dimasak sangat banyak. Dapur juga masih minim peralatan tidak sebanding kebutuhan yang ada” Tutur pengurus pondok pesantren dan menjelaskan bagaimana kondisi kelas dan dapur yang mereka miliki.

e8494b42de4e00cfb6725ed4114cde31.jpg

Dan inilah gambaran kondisi asrama santri tempat mereka tidur serta melakukan aktifitas pribadinya. Penghuni asrama semi permanen ini sudah melebihi kapasitas seharusnya. Bahkan, ada santri yang harus tidur di atas tikar bersebab kurangnya kasur dan tempat tidur.

bc7a6069d8080db69040fb760113757e.jpg

Pemasukan pesantren ini hanya dari iuran orangtua yang digunakan untuk kebutuhan santri, ditambah dari donatur yang tidak tetap donasinya. Ada bantuan dari pemerintah namun tidak mencukupi kebutuhan operasional. Seringkali, gaji guru dibayarkan sangat minim bersebab minimnya pemasukan pesantren.

Kini, Pesantren Darul Ulum Jadid amat butuh bantuanmu! Mereka amat membutuhkan peningkatan kapasitas dan kualitas fasilitasnya agar santri dapat lebih tenang, aman dan nyaman dalam mengenyam ilmu di sini. Sahabat, mari kejar amal jariyah dan bersama-sama kita bantu Pesantren Darul Ulum!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada Sedekah
Tidak ada hasil ditemukan

Mahsus Suma

Created 11 Jan, 2021 Padang Sarana dan Infrastruktur

Target

Rp 0 Dari Rp 5,000,000

0% Terkumpul by 0 Sedekah 160 hari tersisa