Saling Pinjam Buku dan Pensil, Yuk Kirim Bantuan Alat Sekolah ke Pulau Terpencil

Anak-anak Pulau Tegal punya semangat yang tinggi dalam menempuh pendidikan, meskipun mereka kesulitan membeli peralatan sekolah. Harus berbagi alat tulis, tak punya sepatu layak pakai, dan banyak keterbatasan lain. Yuk, bantu siswa pelosok negeri ini

Simpan

Saling Pinjam Buku dan Pensil, Yuk Kirim Bantuan Alat Sekolah ke Pulau Terpencil

Target

0 0

0%
0 94 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Saling Pinjam Buku dan Pensil, Yuk Kirim Bantuan Alat Sekolah ke Pulau Terpencil

Update : 02 Jun, 2021


"Kalau nulis, tulisannya dibuat kecil-kecil supaya kertasnya hemat," demikianlah ujar salah satu siswa SD di Pulau Tegal.

ae483898b649f8384d3505ad9316fd7a.jpg

Pulau Tegal merupakan sebuah pulau terpencil yang berada di tenggara ujung selatan Pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau ini hanya dihuni sekitar 50 kepala keluarga saja. Warga jarang bersosialisasi dengan masyarakat di luar pulau karena sarana transportasi dapat mereka andalkan hanyalah perahu nelayan.

ecf6a93751acf1d99323ff7bfa5c4999.jpg

Anak-anak pun bersekolah di wilayah Pulau Tegal. Sebuah sekolah dasar berdiri di sana, meskipun kondisinya tidak seperti sekolah pada umumnya. Sebuah saung dan bilik-bilik bambu beratapkan seng sederhana di pinggir pantai diubah jadi ruang kelas. Sambil belajar, anak-anak ini dapat merasakan teriknya matahari pantai yang sesekali diimbangi dengan semilir angin sepoi-sepoi. Bangku plastik dan meja kayu yang mereka gunakan sudah lapuk kondisinya. Sebagiannya lagi belajar di lantai saung hanya dengan beralaskan tikar lusuh.

207756b107d1a39b1a2748bc3372c656.jpg

Guru-guru di Pulau Tegal sebagian didatangkan dari luar pulau dengan menggunakan antar jemput perahu. Mereka jadi saksi betapa prihatinnya kondisi anak-anak di sini; sebagian siswa ke sekolah dengan sepatu usang, bahkan tanpa beralas kaki. Mereka seringkali berbagi perlengkapan sekolah seperti pensil dan buku karena orang tuanya tak mampu membeli.

fdb23f081096999569daecadee418205.jpg

Warga Pulau Tegal memang hidup dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Masyarakat mengandalkan pendapatan dari sektor perairan dengan menjadi nelayan, dan pariwisata. Namun, sejak pandemi COVID-19 melanda, sektor pariwisata jadi sangat sepi. Para orang tua murid yang berdagang makanan dan suvenir kepada turis kehilangan pekerjaannya sejak Maret tahun lalu.

Meskipun dalam kondisi hidup serba terbatas, anak-anak Pulau Tegal tetap semangat menimba ilmu di sekolah. Mereka punya beragam cita-cita. Begitu pun para orang tua yang berharap agar anak-anaknya kelak punya kehidupan yang lebih layak daripada mereka saat ini.

e821ea76b0a3b1726417a2b15cf2c5f9.jpg

Untuk itu, Sahabat, mari kita dukung pendidikan anak-anak Pulau Tegal dengan menghadirkan bantuan pendidikan di sana. Insya Allah, ACT Lampung akan menyampaikan perlengkapan sekolah gratis untuk adik-adik ini, sehingga mereka tak perlu lagi meminta kertas dan pensil temannya, dan tak perlu lagi sekolah tanpa alas kaki.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang