Awal tahun ini, banjir melanda berbagai wilayah di Kalimantan Selatan. BMKG pun telah menetapkan status siaga bencana di provinsi ini. Mari kita selamatkan saudara terdampak dengan doa dan sedekah terbaik kita!

Banjir Melanda, Kalimantan Selatan Siaga Bencana. Kirimkan Bantuan Segera!

Update : 19 Jan, 2021

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Bencana alam kembali melanda negeri di awal tahun ini.

Curah hujan yang tinggi di sebagian besar wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan, mengakibatkan banjir yang menggenang cukup dalam. BMKG sendiri memprediksi Kalimantan Selatan berpotensi akan terus diguyur hujan lebat. Sehingga, BMKG mengkategorikan Kalimantan Selatan dengan status siaga.

87c046796fd973313f0e2aac57de8781.jpg

Di samping itu, data dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, banjir berdampak pada 17 ribu kepala keluarga dan 65 ribu jiwa. Banjir sendiri, tersebar di lima kabupaten dan kota, yaitu Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kota Banjarbaru.

2e2d862952f17d142ef3ab049b4d2126.jpg

Namun, dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah tergenang banjir yang cukup parah. Praktis, aktivitas masyarakat setempat terancam lumpuh. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah, karena luasnya sebaran banjir di wilayah ini.

09f5e4b89704b30e42a8a92bd0425524.jpg

Bahkan, akibat dari banjir, akses jalan utama antar kota antar provinsi di Desa Bawahan Pasar, Kabupaten Banjar terputus. Ini mengancam arus lalu lintas yang kerap kali hilir mudik baik dari Banjarmasin menuju kawasan Hulu Sungai dan provinsi tetangga yaitu Kalimantan Timur maupun sebaliknya.

Saat ini, para pengungsi banjir sangat membutuhkan bantuan-bantuan, seperti:

- Bahan logistik dapur umum
- Makanan siap santap
- Air bersih yang mencukupi
- Perlengkapan kebersihan pribadi (personal hygiene)
- Pelayanan kesehatan, termasuk obat-obatan dan P3K
- Perlengkapan penyelamatan diri
- Perlengkapan bayi dan balita

Bantuan tersebut harus segera kita berikan untuk para penyintas banjir di Kalsel. Puluh ribuan jiwa terdampak musibah banjir sendiri, kini mengharapkan kedermawanan kita semua. Mari bersama bahu-membahu membantu masyarakat terdampak musibah banjir di Kalimantan Selatan!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 19 Jan, 2021 Sahabat Dermawan, situasi terkini musibah banjir di Kalimantan Selatan telah melumpuhkan banyak aktifitas masyarakat. Bahkan di beberapa pemukiman terkurung oleh genangan air banjir. Lantas hal tersebut memaksa mereka untuk bertahan di rumahnya sembari menjaga harta benda. Tim relawan ACT turut mengantarkan amanah donatur dengan membawakan Paket Pangan langsung kepada para penyintas banjir yang terjebak di rumahnya dengan menembus genangan air setinggi paha orang dewasa.

Penyerahan donasi kepada masyarakat yang terisolir

Tim ACT menembus genangan air untuk mengantarkan Paket Pangan kepada penyintas banjir

ACT Banjarmasin

Created 14 Jan, 2021 Kalimantan Selatan Bencana Alam

Target

Rp 1,353,811,244 Dari Rp 1,500,000,000

90% Terkumpul by 9,198 Sedekah 67 hari tersisa