Darurat! Dua Tanggul Jebol, Jombang Dihantam Banjir

2 tanggul banjir yang dikira kuat se-Kabupaten Jombang itu, akhirnya jebol juga. Tak kuat menahan curah hujan yang cukup parah, banjir akhirnya melahap 7 Desa dan ruas jalan antarkota.

Simpan

Darurat! Dua Tanggul Jebol, Jombang Dihantam Banjir

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi
Jadi Duta Kemanusiaan

Darurat! Dua Tanggul Jebol, Jombang Dihantam Banjir

Update : 11 Feb, 2021


Banjir menenggelamkan 6 Desa – 12 Dusun di Jombang akibat jebolnya 2 tanggul, yakni tanggul Sungai Afvour Besuk dan Sungai Afvour Brawijaya. 6 Desa yang terdampak banjir tersebut diantaranya Desa Gondangmanis, Desa Banjarsari, Desa Brangkal, Desa Pucangsimo, Desa Bandarkedungmulyo dan Desa Brodot.

3e25cf5dc167d98992145cc20f98a080.jpg

Ribuan jiwa terdampak dan mengungsi di posko-posko pengungsian. Sebagian warga juga membangun tenda-tenda di pinggir jalan atau diatas tanggul sebab rumah mereka karam oleh banjir. Isak tangis ribuan warga terdengar, kehilangan rumah dan barang-barang berharga. Banjir setinggi 1,5 m itu menyapu habis 6 Desa di Kabupaten Jombang (5/2/2021), bahkan saat mereka tak sempat bersiap.

2d16f09822dcad1baf3442b9fe67036c.jpg

Warga menaiki sampan darurat, sambil memandangi rumah mereka yang tenggelam. Namun sebagian warga harus berjalan melawan arus, karena jumlah sampan darurat sangat terbatas. Tak hanya rumah & bangunan, sebagian jalan nasional penghubung antar kota juga terendam, buat kemacetan total terjadi selama berjam-jam. Duka pun menyelimuti Jombang & sekitarnya.

9963adbddd527e0862595b94c9f1ba1b.jpg

“Tempat pengungsian udah penuh, warga sampai gelar tikar di luar, panas-panasan. Kalo hujan juga kena. Sekarang kebutuhan warga kurang kebutuhan pangan & selimut, bayi-bayi perlu susu. Semoga bantuan segera datang.” – Mahendra, Relawan MRI Jatim

e776fab35657eef007e166eb07a82b05.jpg

Kini penderitaan para pengungsi berlanjut, saat tempat pengungsian sudah penuh hingga warga berlindung di luar tempat pengungsian, terkena langsung dengan terik panas dan hujan. Bayi-bayi menangis, kelaparan butuh susu dan selimut. Kebutuhan pangan juga obat-obatan sangat minim didapat warga di tengah kondisi darurat ini. Bahkan penyakit kulit sudah mulai menyerang anak-anak dan lansia.

Posko Pangan dan Medis saat ini didirikan oleh Tim ACT guna mengakomodir bantuan dan perawatan segera bagi korban terdampak. Semoga Allah melindungi kita semua.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan