Kabut Asap Selimuti Kalbar, Sampaikan Bantuan Kita!

Kabut asap masih menyelimuti Kalimantan Barat. Warga sangat membutuhkan bantuan agar peristiwa ini tidak mengancam kesehatan mereka. Yuk, sampaikan bantuanmu!

Simpan

Kabut Asap Selimuti Kalbar, Sampaikan Bantuan Kita!

Target

Rp 6,392,326 Dari Rp 50,000,000

13%
89 Dermawan 76 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Kabut Asap Selimuti Kalbar, Sampaikan Bantuan Kita!

Update : 03 Mar, 2021


Innalillahi wainnailaihi roji’un. Bencana kabut asap kebakaran hutan dan lahan kembali melanda Kalimantan Barat.

8e8cb4582fc7ab00d7f4627ab28a4803.jpg

Sampai dengan awal Maret ini, Kalimantan Barat masih diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Sejumlah titik transportasi, mulai mengalami hambatan jarak pandang, baik transportasi udara, darat maupun air. Sehingga berdampak juga pada pasokan logistik yang terhambat, sehingga beberapa kebutuhan sehari-hari seperti sembako mulai mengalami kenaikan harga.

8c583acf45ec229028b706b2128eed13.jpg

Tidak hanya itu, dampak yang paling besar dari akibat kebakaran hutan dan lahan ini adalah anak-anak, orang dewasa sampai lanjut usia yang mengalami gangguan kesehatan sampai yang paling buruk adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti gangguan masalah pencernaan dan iritasi penglihatan.

Selain itu, minimnya kebutuhan air bersih akibat tiga pekan lamanya tidak ada hujan yang turun semakin memperburuk kondisi kesehatan sebagian besar masyarakat terutama masyarakat kawasan tepian sungai Kapuas karena salinitas (kadar garam) yang tinggi jika dibandingkan kondisi yang normal.

Dilansir dari kalbar.inews.id pada 26/2 sebanyak 325 titik panas (hotspot) terpantau berada di Kalimantan Barat. Sedangkan kabupaten Kubu Raya merupakan wilayah yang terdampak cukup parah saat ini dengan jumlah titik panas mencapai 234 titik. Selanjutnya di Kabupaten Mempawah yakni 27 titik, Pontianak 21 titik, Sambas 20 titik, Ketapang 10 titik, Bengkayang 4 titik, Kapuas Hulu 3 titik dan Kayong Utara, Landak serta Sintang masing-masing 2 titik.

50367f137705f9904f4ecff57f02340c.jpg
(sumber: inews)

Menyikapi berbagai masalah ini ACT Kalimantan Barat mengajak semua pihak dengan kepedulian terbaiknya untuk dapat bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan ini.

7115f228c12b900ed88983d0e7df4726.jpg

Beberapa kebutuhan yang urgent saat ini diperlukan baik untuk para penyintas kebakaran hutan dan lahan maupun petugas pemadam kebakaran swadaya yang bertugas antara lain :

- Kebutuhan masker dan air bersih yang memadai untuk warga terdampak langsung
- Makanan siap saji (untuk petugas pemadam kebakaran)
- Layanan kesehatan (Pengobatan ringan untuk penderita penyakit pernapasan, maupun masalah pencernaan) untuk warga terdampak dan petugas pemadam kebakaran
- Perlengkapan Alat Pelindung Diri untuk para relawan bertugas
- Perlengkapan bayi dan balita

Mari salurkan kedermawanan terbaik anda, bahu membahu membantu warga terdampak dan para petugas pemadam kebakaran yang sukarela dan swadaya masih berjibaku di lapangan dengan kondisi serta peralatan yang seadanya.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang