Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Bandar Lampung

yuk bersama ACT kita bantu Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Bandar Lampung

Simpan

Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Bandar Lampung

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Bandar Lampung

Update : 05 Mar, 2021


Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Bandar Lampung

Bandarlampung, Lingkungan 1 Kelurahan Way Lunik Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung kembali dilanda banjir. Banjir terjadi setelah diguyur hujan deras selama lebih dari dua jam pada Rabu (3/3/2021) petang. Hingga malam ini, masih terjadi banjir yang membahayakan bagi kendaraan melintasi Way Lunik.

3eeb7296bc818567733b33b293e1f344.jpg

Informasi yang dihimpun, banjir terjadi hampir diseluruh titik dilingkungan Kelurahan Way Lunik dengan ketinggian rata-rata selutut orang dewasa, tak hanya dipemukiman warga banjir juga sampai kejalan raya . Bahkan sejumlah warga banyak yang terjebak di dalam rumahnya karena ketinggian banjir hampir sepinggang orang dewasa. “Banjirnya semakin besar. Banyak warga yang terjebak di rumahnya,” Miftah warga setempat.

Dengan baju yang penuh lumpur Pak Sugito (60 tahun) berusaha mengeruk material longsoran yang menerjang bagian dalam dapur rumahnya secara perlahan. Material yang terdiri dari tanah liat dan bebatuan membuat dinding kayu terangkat dan hamper tercerai berai.

Pak Sugito dengan bermodal cangkul kecil memindahkan material sendirian. Istri dan anak perempuanya tengah sibuk memindahkan perabot rumah tangga yang penuh lumpur. Dengan perekonomian yang seba pas-pasan, kejadian longsor ini keluarga Pak Sugito tak bias berbuat banyak. Waktu yang biasa digunakan untuk mengais rejekin menjadi buruh serabutan menjadi sia-sia.
dc4524a48dd6efb7758879fee7725301.jpg

Kalau petang itu hujan tak kunjung reda, rumah ini pasti sudah roboh karena material longsoran terus turun, Kami siap siaga segera lari turun dari Bukit Way Lunik ini,” ucapnya sembari tubuh rentanya mengayunkan cangkul kecil.

Masih beruntung petang itu material longsoran hanya memenuhi bagian dalam dapur, namun lubang besar terlihat dari atas bukit. Lubang itu sebelumnya merupakan tanah yang berdiri tegak tepat dibelakang rumah.
Kata Pak Sugito longsor selalu terjadi ketika hujan deras turun.

448d932772edc651ec4f4de7eed76a52.jpg

Longsoran itu dibarengi oleh derasnya arus air dari atas bukit yang kemudian turun ke pemukiman warga bagian bawah hingga menggenangi jalan raya. Longsor juga terus membayangi sekitar 40 KK yang tinggal diatas bukit, sedangkan 450 KK acap kali terdampak Banjir ketika hujan lebat turun.

Dengan adanya longsor itu tentu merubah ekosistem tumbuh-tumbuhan diatas bukit, sebelumnya air hujan dapat ditahan oleh pepohonan namun ketika banyak titik longsor maka lereng menjadi gundul. Sahabat, Hanya Tanggul Penahan Longsor yang bisa menyelamatkan nyawa 40 Kepala Keluarga di Bukit Way Lunik.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan