Dijauhi Karena Idap Penyakit Kulit Langka, Ayo Sembuhkan Afifah

Kulitnya bersisik dan terus mengelupas, membuat tetangga risih dengan keberadaannya. Padahal adik mungil ini hanya ingin tumbuh besar dalam kondisi sehat. Sahabat, yuk sembuhkan Afifah!

Simpan

Dijauhi Karena Idap Penyakit Kulit Langka, Ayo Sembuhkan Afifah

Target

Rp 46,443,185 Dari Rp 100,000,000

46%
689 Dermawan 107 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Dijauhi Karena Idap Penyakit Kulit Langka, Ayo Sembuhkan Afifah

Update : 05 Apr, 2021


“Hai Kak, Aku Afifah. Please jangan jijik sama aku ya.”

Seandainya ia bisa berkata, mungkin hal pertama yang ingin ia sampaikan pada setiap orang adalah kalimat itu.

Namanya Afifah Nahda Rafanda. Allah Ta'ala berikan gadis mungil yang manis ini ujian berupa sakit yang didiagnosa dokter sebagai Hyperimmunoglobulin E Syndromes (HIESs), sebuah penyakit kulit yang membuatnya sangat rentan mengelupas. Ditambah lagi dengan adanya autoimun sehingga sangat berdampak pada membran kulit adik Afifah.

86a5db353d80bdf3107c81c1b8d99b98.jpg

Adik Afifah berusia 2,5 tahun. Merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Dilahirkan dalam keluarga yang harmonis dengan ayah dan ibu lengkap serta seorang kakak yang sedang duduk di bangku SMA. Ibu Adik Afifah sebelumnya adalah seorang TKW. Semenjak kelahiran Afifah, sang ibu kembali ke Indonesia dan beralih profesi sebagai pembuat kue basah dan kering, juga kue tart. Sedangkan sang Ayah merupakan seorang buruh tani lepas yang hanya meladang ketika dipanggil, serta sebagai kurir pengantar kue yang ibu Adik Afifah hasilkan. Penghasilan keduanya jika dibuat rata-rata tak lebih dari 50ribu/hari.

29cd064e02a003c53e6b4963cb694ee5.jpg

Adik Afifah lahir dalam kondisi normal, hingga suatu saat muncul gejala di belakang telinganya. Memerah dan gatal hingga menjalar ke leher. Berulang kali orang tua Adik Afifah membawanya ke rumah sakit tetapi tak kunjung membaik. Bahkan yang terjadi semakin menjalar ke seluruh tubuh. Bisa dibayangkan rasa sakit yang dideritanya. Sembilan kali menjalankan operasi pengangkatan kulit di berbagai rumah sakit tetapi tetap saja tak berdampak besar. Biaya pengobatan sudah lebih dari 50 juta. Kulit yang seharusnya melindungi setiap bagian tubuh menjadi sebuah rasa sakit yang terasa pahit. Setiap operasi terjadi, kulit Adik Afifah akan dilepas satu persatu. Tak ayal darah selalu mengalir setelah kulitnya dilepas, ibu dan ayahnya pun harus melakukan transfusi untuk mengganti darah Adik Afifah setelah pelepasan kulit. Pengobatan ini sudah berlangsung selama 2tahun lebih. Namun keluarga tak pernah mengeluhkan ujian yang sedang menerpa mereka.

d205172b5b90348b9b80dcd8cfc7c25a.jpg

Bu Herlin (Ibu Adik Afifah) menyampaikan kepada kami respons orang-orang ketika mengetahui penyakit Afifah. Berbagai respons ia terima, namun ada suatu hal yang kadang menyayat hati. Satu-satunya pintu harapan rezeki, dijatuhkan tanpa kendali hati. “Jangan lagi beli kue di Bu Herlin. Anaknya “gondhes” atau bersisik.” Kata seseorang di hadapan Bu Herlin.

Rasa sakit hati, malu memang dirasakan namun hal tersebut tak bisa menjadi halangan memperjuangkan kebahagiaan Adik Afifah. Berbagai usaha dilakukan, mulai dari menjual asset keluarga hingga kini hanya menyisakan rumah yang mereka tinggali. Berhutang kesana kemari ke saudara maupun orang baik yang peduli. Namun masih saja belum menutupi segala biaya pengobatan utk Afifah yang dikasihi.

42210cf14bbe4912027e1de56c3ac921.jpg

Saat ini hanya penghasilan dari pesanan kue yang menjadi tumpuan hidup keluarga sedangkan pengobatan Adik Afifah masih terus berlanjut. Biaya yang dibutuhkan tak kurangnya dari 50 juta. Diketahui hutang senilai lebih dari 12 juta lebih juga belum dilunasi. Walau senyum masih tertoreh di wajah sang Ibu namun raut getir sesekali tersirat dalam guratan wajahnya. Bukan karena beratnya menghadapi keadaan, tetapi karena kuatnya Adik Afifah menjalani hari-hari tanpa mengeluhkan keadaaan diri.

Sahabat, maukah kamu berpartisipasi bersama ACT Malang menjadi secercah harapan utk Adik Afifah yang ingin segera lepas dari perihnya sakit yang diderita?

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang