Bantu Pak Ayik agar Tetap Semangat Mengajar Ngaji

Setiap bulan hanya dibayar 150 ribu rupiah, Pak Ayik guru mengaji di Malang terpaksa menjadi petani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ayo bantu pak Ayik agar tetap semangat mengajar ilmu agama kepada santri-santrinya dengan sedekah terbaik kita.

Simpan

Bantu Pak Ayik agar Tetap Semangat Mengajar Ngaji

Target

Rp 7,268,862 Dari Rp 30,000,000

24%
130 Dermawan 43 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Pak Ayik agar Tetap Semangat Mengajar Ngaji


Sudah hampir 10 tahun lebih pak Ayik beserta istrinya Sri Rahayu memilih mengabdikan diri mengajar ngaji di TPQ Nur Rohmah Batu, Malang, Jawa Timur. mengajarkan pendidikan ilmu agama serta mengajar mengaji Al-Qur’an dengan ikhlas kepada santri-santri yang dititipkan orang tua-nya untuk mereka didik. Alasannya hanya satu, Pak Ayik dan Bu Sri Rahayu ingin para santrinya bisa belajar dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tapi kenyataan miris justru terjadi pada mereka, mengemban tugas berat mendidik para santrinya namun kehidupannya masih sederhana dan prasejahtera.

3d3c025dbdf1b18304aa983643f49244.jpg

Setiap bulan dari mengajar ngaji di TPQ Nur Rohmah Batu beliau dan istrinya hanya dibayar 150 Ribu, jauh dari kata cukup untuk biaya kebutuhan sehari – hari keluarganya. “itupun kalau ngajarnya penuh mulai hari Senin sampai Sabtu, kalau tidak ya gajinya juga tidak penuh,” kata pak Ayik sambil tersenyum.

Tak hanya kebutuhan untuk sehari-hari, ada pengeluaran bulanan yang harus dipenuhi untuk biaya sekolah kedua anaknya yang masih duduk di bangku kelas tiga SMP dan Taman Kanak-kanak.

e1c79403f68d60ba3ffb4bc0224100f6.jpg

“Kalo dihitung-hitung lebih banyak pengeluaran daripada pemasukannya, tapi ya dicukup-cukupkan. Alhamdulillah,” tambah pak Ayik dengan wajah sumringah. Biasanya setiap bulan butuh pengeluaran 250 Ribu untuk keperluan sekolah kedua anaknya, belum lagi keperluan susu anak ketiganya yang masih berusia empat bulan. kondisi yang serba terbatas mengharuskan pak Ayik mencari sumber pemasukan lain.

e722325f3ecc49eee1f3a8bdbfe1f9ee.jpg

Sebagai seorang kepala keluarga, Pak Ayik tidak ingin tinggal diam dengan keadaan, beliau memilih merangkap menjadi buruh tani apel. Setiap jam 6 pagi beliau sudah harus berangkat berkebun untuk merawat hingga memanen apel, lalu pulang sebelum adzan Zuhur untuk membersihkan diri, sholat dan bersiap untuk berangkat mengajar. Pendapatan dari menjadi buruh tani pun tak seberapa, hanya dibayar 50 ribu perhari yang belum dipotong untuk beli bensin dan keperluan lainnya.

a393ac9d95b0250a7d434aa8ddfbe5ff.png

Bahkan ketika masuk waktu untuk berangkat mengajar, beliau harus meminjam sepeda motor milik sepupunya. Menumpangi sepeda motor bersama istri, anak kedua dan bayinya melewati jalanan yang terjal dan susah untuk sampai ketempat mengajar. Tekad kuatnya masih kokoh sampai sekarang, menjaga semangat serta keistiqomahan dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada para santrinya sekalipun dengan kondisi yang serba kekurangan.

edcbac6c85fd9a6065e33c180e77f54d.png

Pak Ayik dan keluarganya adalah salah satu potret nyata banyaknya kehidupan para pengajar dan guru mengaji yang masih jauh dari kata cukup. Masih ada 2,5 Juta pengajar diluar sana yang kondisi hidupnya tidak jauh berbeda dengan Pak Ayik, karena semua kemuliaan masa depan bangsa ini adalah lahir dari jerih payah para pengajar yang memiliki niat mulia.

Sahabat, mari kirimkan kebahagiaan untuk pak Ayik agar tetap semangat memberikan ilmu agama kepada santri-santrinya, yuk berikan dukungan untuk pak Ayik dengan sedekah terbaikmu. Untuk itu terus dukung langkah para dai dalam misi menguatkan akidah umat dengan zakat dan sedekah terbaik kita, sekarang juga.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang