Tak Ada Air Bersih untuk Bersuci Ayo Bantu Bangun Sumur Wakaf di Masjid Ar-Rahman

Tak ada air bersih untuk bersuci, terpaksa jamaah Masjid Ar-Rahman, Dusun Karangasem, gunakan air keruh dari sawah untuk berwudhu. Kini, Ramadhan sebentar lagi datang, ayo bantu bangunkan Sumur Wakaf agar mereka bisa fokus beribadah dengan maksimal.

Simpan

Tak Ada Air Bersih untuk Bersuci Ayo Bantu Bangun Sumur Wakaf di Masjid Ar-Rahman

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi

Tak Ada Air Bersih untuk Bersuci Ayo Bantu Bangun Sumur Wakaf di Masjid Ar-Rahman

Update : 25 Mar, 2021


Salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan makhluk hidup yaitu air, setiap saat tubuh kita memerlukan air. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga memerlukan air untuk bertahan hidup. Namun pernahkah kita membayangkan apabila,

Ingin menunaikan shalat untuk beribadah kepada Allah, namun tak ada air untuk berwudhu?
Haus ingin melepas dahaga setelah lelah seharian bekerja, namun tak ada air tersisa?
Bahkan tumpukan baju kotor, mau tak mau dicuci menggunakan air sawah?

d2159bb7c7c2a498c4edb3318b2d77a3.jpg

Hal tersebut dirasakan oleh saudara-saudara kita, para jamaah Masjid Ar-Rahman di Dusun Karangasem RT 06 RW 03, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. Di musim kemarau datang, tak ada air yang bias digunakan untuk berwudhu.

“Di musim kemarau sangat memprihatinkan, sangat sedih, jamaah masjid Ar-Rahman kalau mau ke masjid (untuk shalat) susah untuk wudhu, tidak ada air. Jika ada pengajian rutin disini, malu dengan ustadzah yang sudah datang dari jauh tapi air untuk buang air kecil saja tidak ada.”, cerita Bu Semi warga Dusun Karangasem.

8131bb4196b9e0f811dbb63ac4122343.jpg

Jika tidak ada air, biasanya warga antri untuk menimba air di sumur dangkal yang jaraknya belasan kilometer. Dalam sehari, setiap keluarga hanya mendapat 1-2 jerigen karena harus berbagi dengan keluarga lainnya.

Air tersebut pun harus dihemat untuk keperluan makan, minum serta lainnya, sedangkan untuk mencuci pakaian terpaksa memakai air sawah. Bahkan tak jarang warga hanya mandi sehari sekali, itu pun dibatasi hanya satu ember sekali mandi. Langkanya ketersediaan air membuat warga terpaksa sering meminta air ke desa sebelah.

0b848de5f9c0385a3c62925afbf875ac.jpg

Bu Semi juga menambahkan “Untuk cuci pakaian, cari air di tengah sawah. Ada kaos kotor ya tumpuk di ember terus bawa aja ke sawah cari air. Kalo sudah habis banget (airnya) ya sering minta ke desa sebelah yang jauh disana. Malu ya sedih sebenernya, tapi gimana lagi.”

Sebagian besar warga di Dusun Karangasem bekerja sebagai buruh serabutan, penghasilannya pun tak menentu, wajar jika tak sanggup untuk membeli air bersih layak konsumsi. Bahkan untuk makan sehari-hari saja sudah susah.

894b347105304640741416e7ce31beb1.jpg

Sahabat, bulan ramadhan sebentar lagi akan segera tiba, entah bagaimana saudara-saudara kita menjalankan bulan yang suci ini tanpa cukupnya ketersediaan air bersih untuk beribadah?

Akankah kita tega melihat saudara kita kesulitan mendapatkan air bersih bahkan untuk bersuci? Dengan semangat ukhwah Islamiyah mari hadirkan Sumur Wakaf bagi masyarakat di Masjid Ar-Rahman, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk bersuci.

Mari terus alirkan keberkahan rezeki untuk memudahkan saudara-saudara kita memenuhi kebutuhan air bersih agar dapat bersuci, dengan sumur wakaf.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan