Perjuangan Ust Abdi Ubah Tempat Prostitusi jadi Lingkungan Qur'ani

Kuatkan Ust Abdi agar terus istiqomah berdakwah di Kampung Pemulung Pasar Rebo

Simpan

Perjuangan Ust Abdi Ubah Tempat Prostitusi jadi Lingkungan Qur'ani

Target

0 0

0%
0 26 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Perjuangan Ust Abdi Ubah Tempat Prostitusi jadi Lingkungan Qur'ani

Update : 29 Mar, 2021


Kumandang azan Asar memecah keramaian anak-anak yang sedang bermain layang-layang di pinggir kali Ciliwung, RT 10, RW 01, Kelurahan Gedong, Kamis (18/3/2021). Mereka bergegas menuju bangunan dua lantai bercat kuning yang berada persis di samping tempat mereka bermain.

Suara riuh berpindah dari dalam bangunan tersebut, bersahutan bersamaan gemericik air dan kumandang azan yang masih menggema. Sementara ibu-ibu yang tengah duduk di saung dan bangku pinggir jalan bergegas masuk ke dalam rumah masing-masing.

Memasuki bangunan, anak-anak sudah berbaris dan siap melaksanakan solat. Sementara muazin melantunkan selawat nabi sesaat setelah azan usai. “Nunggu Pak Ustaz, baru iqamat,” kata satu orang anak yang tengah duduk di atas sajadahnya.

2109a34cba24657a1e3a8e4c59b4bbac.jpg

Selang lima menit, seorang laki-laki berbaju coklat, bersarung, dan memakai peci, masuk lalu menunaikan salat dua rakaat, ia adalah Ustaz Abdi Prayogo (31). Baru saja ustaz Abdi salam memasuki musala, muazin langsung iqamat, memulai salat.

Setelah salat, ustaz Abdi menceritakan, momen itu tersaji setiap salat fardu. Anak-anak antusias melaksanakan salat berjemaah lalu mengaji. “Bahkan salat subuh pun sama, anak-anak ramai ikut berjemaah,” ujarnya saat ditemui ACT, Kamis (18/3/2021).

Padahal, di tempat yang sama, tiga tahun lalu, praktik perjudian, prostitusi, miras, dan kriminal marak. Tak hanya itu banyak pasangan hidup bersama tanpa ikatan pernikahan yang sah, tetapi mereka hidup layaknya keluarga dan punya anak.

Bersama Ketua RT 10, Abdi memperbaiki kehidupan masyarakat dengan berdakwah. Bangunan yang digunakan salat asar juga awalnya bukan musala. “Ini memang pendopo yang difungsikan jadi musala, orang-orang juga menyebutnya pendopo. Tapi sedikit demi sedikit kita ubah menjadi musala,” jelas Abdi.

c106cf8bbd74e959964d5b6f879eebb9.jpg

Setelah tiga tahun ia berdakwah di wilayah yang mayoritas bekerja sebagai pemulung, sopir, pedagang, dan pengamen, banyak perubahan yang ia rasakan. Meski kebiasaan masyarakat belum sepenuhnya hilang, namun Abdi bersyukur karena usahanya membuahkan hasil.

“Orang tua memang belum tergerak untuk ikut salat berjamaah, tetapi anak-anak mereka sangat antusias dan saya bahagia. Kebahagiaan itu menjadi kepuasan tersendiri bagi saya. Bahkan sekarang ibu-ibu juga sudah tergerak untuk ikut pengajian,” kata Abdi dengan tersenyum.

Dalam berdakwah, Abdi memang tidak mendapat banyak penolakan tetapi kehidupan warga yang terlampau buruk membuat perubahan berjalan lambat. “Orang-orang berasumsi, ketika seseorang ingin berubah dan ikut kegiatan bersama saya, maka dianggap hanya ingin mencari perhatian dan tidak benar-benar tulus bertaubat,” ungkapnya.

9d1e5df82fc9f712f17473bc84d938f2.jpg

Ketua RT 10, RW 01, kelurahan Gedong, Muhamad Wijanarko mengatakan tempat yang ia pimpin saat ini, dulu memiliki sebutan “Texas”. Sebutan itu disematkan karena semua hal bisa dilakukan tak terbatas aturan. “Judi, mabuk-mabukan, prostitusi, orang hidup dengan status pernikahan enggak jelas, narkoba, itu ada,” katanya.

Sebagai Ketua RT, Wijanarko berharap tempat yang dulu dipandang buruk dapat berbenah, mempunyai rumah Al Qur’an, dan menjadi kampung Al-Qur’an. Kehidupan masyarakat di dalamnya mempraktikkan kandungan Al-Quran. “Jika orang tuanya tidak bisa diperbaiki, maka anak-anaknya harus lebih baik,” ungkapnya.

Kuatkan terus Ust Abdi agar istiqomah dalam mengubag lingkungan prostitusi menjadi lingkungan qur'ani

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang