Bantu kebutuhan pokok pelosok Mentawai dengan Kapal Ramadhan

Mari Kita Bantu kebutuhan pokok pelosok Mentawai dengan Kapal Ramadhan

Simpan

Bantu kebutuhan pokok pelosok Mentawai dengan Kapal Ramadhan

Target

Rp 0 Dari Rp 150,000,000

0%
0 Dermawan 84 hari tersisa

Bantu kebutuhan pokok pelosok Mentawai dengan Kapal Ramadhan

Update : 10 Apr, 2021


Marhaban Yaa Dermawan Ramadhan kembali menyapa, dan saudara kita dipelosok sana masih membutuhkan uluran tangan kita Alhamdulillah pada bulan lalu, team ACT-MRI Padang berkesempatan melakukan kunjungan dibeberapa daerah pelosok negeri Mentawai.

Banyak kisah haru dan harapan mereka pada bulan yang suci ini.

698cfed0c2a545475b9720d6930ae759.jpg

Salah satunya Buk Fatimah (55 tahun), seorang warga dusun ujuang, siberut selatan, kepulauan Mentawai Untuk bantu bapak, ibuk biasanya mulung di tepian pantai atau di dusun-dusun sebelah, Ujar buk Fatimah Beliau tinggal bersama suaminya digubuk kecil tanpa MCK dan Sumur berukuran 2,5 x 3 meter di pesisir pantai siberut selatan, untuk keperluan buang air besar buk Fatimah dan suaminya harus pergi ke semak-semak bakau sekitar rumahnya.

c078e4cbd1f3dd843a91f6af1130ade8.jpg

Sehari-hari suami buk Fatimah bekerja sebagai nelayan kecil-kecilan, terkadang pulang membawa 2-4 ikat ikan, terkadang tidak ada sama sekali. Dari hasil tangkapan ikan tersebut dijual kepasar 15 ribu – 30 ribu/ikat tergantung jenis ikannya, biasanya buk Fatimah sisakan 2 ikat untuk dimakan, dan untuk jaga-jaga kalau esoknya pulang dengan tangan kosong Dari hasil melaut sama sekali tidak cukup dan harus berhutang kesana kemari, belum lagi untuk beli beras, sayur, dan bumbu lainnya, dan untuk modal melaut selanjutnya. Untuk bantu suami, buk Fatimah memulung botol bekas, kaleng bekas, dan sejenisnya yang sekilonya hanya dihargai 800 rupiah/kg

ea4b0f83699f3a43a3373b90bf428b5c.jpg

Sering sekali buk Fatimah dan suami harus berpuasa lantaran tidak ada makanan yang bisa dimakan Beliau berharap di Ramadhan dan lebaran kali ini ia bisa tenang beribadah tanpa harus memikirkan besok mau makan apa. Begitulah kehidupan sebagian besar masyarakat Mentawai di tepian pantai

Ada juga Buk Marcelina (49 tahun) salah seorang warga dusun mangorut, siberut selatan, kepulauan Mentawai, Beliau tinggal bersama suami dan 5 orang anaknya di gubuk milik tetangga, dikarnakan sehari sebelum tim ACT berkunjung rumah mereka kebakaran. Sehari hari buk marcelina bekerja keladang, dan suaminya ialah seorang da’I pelosok negeri yang mengajar kedusun sebelah 2 jam dari rumahnya,

a012e85cbfdf289d2f5f170f5718d9b3.jpg

Kami jarang makan nasi, sehari-hari makan sagu, karna beras disini mahal 140 ribu/karung kecil, ujar buk marcelina Kehidupan masyarakat dusun Mangorut memang bergantung kepada sektor pertanian, hasil ladang seperti pisang dan lainnya dijual kepasar didekat kota siberut selatan dengan jarak dari dusun ke kota 1-2 jam perjalanan. Satu tandan pisang 30 ribu, kadang kalau butuh uang ya dijual, kalau tidak dikonsumsi saja, ujar buk marcelina Memang khusus bagi masyarakat pedalaman pulau dimentawai sangat jarang mengkonsumsi nasi, ikan, apalagi daging, karna harganya yang mahal. Makanan pokok mereka hanya sagu dihaluskan dan dibakar didalam bambu, dan jika ada pisang mereka jadikan teman makannya bersama sagu tadi.
f1321609daaa90d2ae3283d3ba1b2ad2.jpg

Begitulah gambaran kehidupan masyarakat dipelosok negeri Mentawai Bukan hanya buk Fatimah dan Buk Marcelina, seluruh masyarakat mulai dari daerah tepian pantai sampai dengan daerah pedalaman pulau Mentawai membutuhkan uluran tangan kita. Momentum Ramadhan adalah momentum berbagi kebaikan dan momentum berbagi kebahagiaan.

60b59fa49c02beb8a1c264d2ffda314b.jpg

Maka Momentum Ramadhan 2021 ini Aksi Cepat Tanggap Sumatera Barat, akan kembali melayarkan kapal Ramadhan untuk Mentawai. Menghadirkan kembali kebahagiaan Ramadan di tepian negeri, tahun ini. Ribuan paket pangan akan dibawa menggunakan kapal yang akan didistribusikan kepada masyarakat di pelosok Mentawai. Sahabat mari syukuri Ramadhan tahun ini dengan berbagi kebahagiaan untuk saudara kita di Kep. Mentawai.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat.” (HR. Bukhari)

#KapalRamadhan
#TerbaikIndonesia
#BeriIndonesiaRamadhanTerbaik

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang