Bantu Bangun Tempat Bermukim untuk Santri Al-Qodiry

Tak miliki tempat bermukim saat belajar mengaji, terpaksa santri Al-Qodiry pulang larut malam melewati rimbun hutan jati minim penerangan jalan. Ayo bantu bangun tempat bermukim untuk Santri Al-Qodiry agar mereka lebih mandiri dan semangat mengaji.

Simpan

Bantu Bangun Tempat Bermukim untuk Santri Al-Qodiry

Target

Rp 8,181,245 Dari Rp 30,000,000

27%
68 Dermawan 67 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Bangun Tempat Bermukim untuk Santri Al-Qodiry


Seperti inilah suasana Pondok Al-Qodiry, Pondok pesantren tradisional yang berada di wilayah Semin, Gunung Kidul ini menampung ratusan santri putra-putri untuk belajar mengaji dan mendalami ilmu agama.

Namun karena kondisi keterbatasan, untuk keperluan ibadah dan mengaji para santri terpaksa hanya menggunakan bangunan semi terbuka yang mirip aula untuk menjadi satu-satunya tempat belajar mengaji. Lebih parahnya lagi, ratusan santri terpaksa tidak bisa bermukim karena asrama hanya tersedia dua kamar, itupun bangunannya berupa anyaman bambu dengan ukuran 4x5 meter.

2d6544fb7a3902b5a9d390b764fb1bc3.jpg

"Sementera untuk santri lainnya karena belum ada tempat bermukim (mondok), jadi terpaksa tidak bisa menginap," ungkap Kyai Akhid, pengasuh ponpes Al Khodiri.

Sebenarnya dari pihak pondok dapat meng-asramakan para santri baik putra maupun putri, karena biasanya jadwal ngaji kitabnya dari magrib hingga jam 10 malam. Kasihan kalau melihat para santri apalagi santri putri, cukup larut malam harus pulang padahal kanan kiri masih rimbun hutan jati dan minim penerangan jalan.

ab8df5708d8dcdecee070ebda4c6120b.jpg

Bahkan beberapa Santri yang datang jauh-jauh bahkan dari Kabupaten sebelah, datang hanya untuk ikut mengaji, namun mau bagaimana lagi karena pihak pondok tidak memiliki tempat, jadi selesai mengaji para santri diminta untuk langsung pulang ke rumah.

Sementera itu, karena lokasinya yang berada di Pelosok Gunung Kidul, Ponpes Al-Qodiry maupun warga sekitar pondok ketika musim kemarau juga mengalami krisis air bersih yang luar biasa, tak jarang pengasuh pondok bersama para santrinya berbondong-bondong ambil air pakai jerigen di sendang untuk kebutuhan ibadah ponpes Al-Qodiry.

4922cc45043f2226c0e13fc4656a18e4.jpg

Alhamdulillah, awal tahun 2021 Global Wakaf - ACT menuntaskan pembangunan sumur wakaf untuk Ponpes Al Qodiry ini, semoga air bersihnya dapat dijadikan kebermanfaatan pondok maupun masyarakat sekitar. Sehingga mereka tidak perlu khawatir lagi untuk mendapatkan air bersih untuk bersuci, dan defekasi.

Namun kini, permasalahan serius yang harus segera direalisasikan adalah membangun asrama atau tempat bermukim bagi para santri, agar mereka dapat lebih semangat belajar mengaji dengan tekun dan tenang.

907be8b62bf1a43f942d0964062f56d3.jpg

Sahabat, maukah kamu membantu membangun tempat bermukim atau asrama untuk santri-santri pondok pesantren Al-Qodiry? Karena inilah waktunya kita ambil kesempatan untuk menebarkan kebaikan dengan mendermakan harta terbaik untuk hadirkan tempat bagi para calon generasi Islami. Karena sesungguhnya harta yang kamu keluarkan dijalan Allah tidak akan terputus apabila kita telah tiada.

262092db4b3eb6a95e76726a61f4aa35.jpg

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda “Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

Untuk itu, mari tunaikan sedekah terbaikmu untuk bangun tempat bermukim para Santri Al-Qodiry agar lebih mandiri dan semangat mengaji.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang