Hadirkan Pesantren Gratis untuk Santri Tunarungu di Ponpes Abata

Di balik segala keterbatasannya, santri-santri tunarungu di Ponpes Abata ini sangat bersemangat mempelajari ilmu agama. Keterbatasan ekonomi menggerakkan pengelola ponpes untuk menggratiskan pendidikan. Yuk bantu ponpes Abata dengan sedekah kita!

Simpan

Hadirkan Pesantren Gratis untuk Santri Tunarungu di Ponpes Abata

Target

Rp 0 Dari Rp 50,000,000

0%
0 Dermawan 129 hari tersisa

Hadirkan Pesantren Gratis untuk Santri Tunarungu di Ponpes Abata

Update : 06 Apr, 2021


"Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." (H.R. Bukhari)

---

Sesungguhnya mereka adalah anak-anak yang lisannya dijaga oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Mereka dalam kesuniyannya. Tidak mendengarkan hal buruk juga tidak mengucapkan hal yang sia-sia.

Dunia sunyi itu milik mereka, anak-anak tunarungu. Perlu diketahui hingga hari ini masih ada puluhan ribu anak tunarungu di Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan yang memadai terutama akses mengenal ajaran agama.

Bermula dari panggilan hati Pak Mukhlisin melihat kondisi anak-anak tunarungu di masyarakat yang cenderung dipandang sebelah mata. Pak Mukhlisin berinisiatif mendirikan sanggar tunarungu dengan menyewa sebuah rumah kontrakan di Kabupaten Temanggung pada 1 Oktober 2016 silam.

37912b19942c777b9e1c2e237b25b011.jpg

Dalam Sanggar Tunarungu inilah anak-anak Tunarungu dari keluarga prasejahtera, yatim dan piatu berdatangan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Kesungguhan hati Pak Mukhlisin untuk mendampingi anak-anak tunarungu diwujudkan dengan pembelajaran ala pesantren (boarding house) sehingga kegiatan belajar bisa fokus dan berkelanjutan.

46b1595fb8f1c03bb273aa90eb968e0b.jpg

Alhamdulillah atas izin Allah, pada tahun 2018 Sanggar Tunarungu mendapatkan amanah tanah wakaf di Jalan Gatot Subroto, KM 2, Manding, Temanggung, Jawa Tengah. Sedikit demi sedikit atas bantuan orang baik melalui sedekah, wakaf dan infak yang dikelola Sanggar Tunarungu membangun madrasah di tanah wakaf tersebut.

Pada bulan Oktober 2019 Sanggar Tunarungu resmi menjadi Pondok Pesantren Abata dengan konsisten fokus mendidik anak-anak tunarungu dari keluarga prasejahtera, yatim dan piatu. Seluruh santri yang belajar di Pesantren Abata tidak di pungut biaya alias gratis.

0aa157ed2fbc44215c0bcd2f554d51d5.jpg

Minat anak-anak tunarungu untuk mendapatkan pendidikan gratis di Pesantren Abata sangat tinggi. Namun hingga sekarang Pesantren Abata hanya mampu menampung 40 santri karena keterbatasan tempat.

“Sudah ada 85 calon santri yang menunggu untuk bisa mondok di Abata, namun karena keterbatasan tempat kita belum bisa menerima semuanya,” kata Pak Mukhlisin. Dalam segala keterbatasan anak-anak itu berjuang mencari bekal terbaik. Setiap hari lisannya mengucapkan lantunan zikir, hari-harinya dihiasi dengan mengaji dan ingatannya digunakan untuk menghafal Alquran.

52359bc6c4a473518d87ee1896a867a0.jpg

Pak Mukhlisin terus berjuang sekuat tenaga, ia berharap agar segera mampu meluaskan bangunan Pondok sehingga tidak ada lagi anak-anak tunarungu yang kehilangan kesempatan belajar gratis di Pondok Pesantren Abata.

Sahabat, maukah kamu ikut membantu anak-anak tunarungu memiliki kesempatan mondok gratis dan menjadi penghafal Alquran?

---

"Dahulu ada dua orang saudara pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah seorang daripadanya mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan (saudaranya) yang lain bekerja. Lalu saudaranya yang bekerja itu mengadu kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Mudah-mudahan engkau diberi rizki dengan sebab dia." (HR Tirmidzi)

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang