Gempa Dahsyat Guncang Malang dan Sekitarnya, Kirimkan Bantuan Segera

Kembali, gempa dahsyat guncang tanah air tercinta. Kali ini, Malang dan sekitarnya yang mendapatkan ujian hebat berupa gempa 6,7 M yang berdampak cukup parah. Mari bergerak bersama selamatkan saudara terdampak!

Simpan

Gempa Dahsyat Guncang Malang dan Sekitarnya, Kirimkan Bantuan Segera

Target

0 0

0%
0 56 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Gempa Dahsyat Guncang Malang dan Sekitarnya, Kirimkan Bantuan Segera

Update : 12 Apr, 2021


[Infografis Gempa Malang, Jawa Timur 10/04/21]

253c66ab6dd90bf34973f968e5573fb9.jpg

[Update Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 10/04/21 18:55 WIB]

Enam Meninggal Dunia dan Satu Luka Berat Dampak Gempa M6,1

Gempa M6,1 berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan bangunan. BNPB terus memutakhirkan data berdasarkan kaji cepat dari BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur. Hingga kini, petugas di lapangan masih terus melakukan penilaian dampak dan kebutuhan pascagempa.

Data BNPB per hari ini, Sabtu (10/4), pukul 18.00 WIB, mencatat total warga meninggal dunia berjumlah 6 warga dan 1 lain mengalami luka berat. Rincian korban meninggal dunia, 3 orang meninggal dunia di Kabupaten Lumajang, sedangkan masing-masing 2 warga meninggal di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang dan 1 di Kabupaten Malang.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan. Sedangkan di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi.

Terkait dengan kerusakan, BPBD beberapa wilayah masih terus melakukan pendataan di lapangan. Informasi sementara, BPBD Kabupaten Tulungagung menginformasikan kerusakan rumah rata-rata pada tingkat rusak ringan.

Di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang, kerusakan rumah pada kategori rusak ringan hingga sedang. Sedangkan di Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar, tingkat kerusakan rata-rata ringan hingga berat.

BNPB terus berkoordinasi dan memantau kondisi di lokasi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB


[Update PUSDALOPS-PB BNPB 10/04/21 17.45 WIB]


Informasi perkembangan gempa bumi dengan Magnitudo 6.7 di wilayah Pesisir Selatan Jawa Timur
Update : Pkl. 17.45 WIB

Korban Jiwa :
- 4 Orang Meninggal dunia
- 2 Orang luka berat (Kab. Lumajang)
Keterangan :
- 1 Orang Meninggal dunia dalam perjalanan Lumajang - Malang (Batu berjatuhan dari tebing dan menimpa Korban)
- 1 Orang Meninggal dunia di Kab. Malang (BPBD Kab. Malang masih melakukan identifikasi terkait korban meninggal)
- 2 Orang Meninggal dunia di Kab. Lumajang tertimpa reruntuhan bangunan

Kab. Lumajang :
- Terdapat titik pengungsian di Ds. Kali Uling, Kec. Tempur Sari (pendataan)

Kab. Malang, Kab. Balitar, Kab. Trenggalek dan Kab. Tulungagung :
- Sejauh ini belum ada informasi terkait korban mengungsi

Kerugian Materil :
- Kab. Lumajang, Kab. Malang dan Kab. Blitar terdapat kerusakan rumah, dengan rata-rata kerusakan 'Rusak Ringan hingga Rusak Berat'
- Kota Malang dan Kab. Trenggalek terdapat kerusakan rumah, dengan rata-rata kerusakan 'Rusak Ringan hingga Rusak Sedang'
- Kab. Tulungagung terdapat kerusakan rumah dengan rata-rata kerusakan 'Rusak Ringan'

Upaya :
BPBD Kab. Lumajang telah menyiapkan pos pengungsian dan logistik di Kec. Tempursari. BPBD terus melakuakan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait. BPBD menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber :
BPBD Kab. Lumajang
BPBD Kab. Malang
BPBD Kab. Blitar
BPBD Kab. Tulungagung
BPBD Kab. Trenggalek

Diinformasikan Oleh :
PUSDALOPS-PB BNPB

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Belum pulih betul trauma kita dari gempa Mamuju pada awal 2021, kembali gempa dahsyat menggetarkan tanah air. Kali ini, gempa mengguncang wilayah Jawa Timur dengan titik pusat gempa di bagian selatan Kabupaten Malang. Gempa berkekuatan Magnitudo 6,7 dan berkedalaman hanya 25 meter ini terjadi seketika selama beberapa detik pada pukul 14.00 WIB, 10 April 2021.

d1c61500ba74d7d06da351b1077db6d2.jpg

Tak hanya dirasakan oleh warga Malang Raya saja, efek gempa dilaporkan cukup luas terasa hingga ke berbagai wilayah Jawa Timur seperti Jember, Sidoarjo, Lamongan, Surabaya, Gresik, Mojokerto, dan beberapa kota lainnya. Bahkan, warga Madura hingga Kuta, Bali sempat merasakan getarannya.

Meskipun BMKG menyebutkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami, beberapa wilayah yang sangat dekat dengan pusat gempa di Malang Selatan mengalami kehancuran yang cukup parah. Banyak rumah warga ambruk akibat guncangan gempa. Beberapa wilayah di Kabupaten Malang yang masif terdampak meliputi Gondanglegi, Bantur, Turen dan wilayah lainnya. Kerusakan parah juga ditemukan di beberapa kota lain tak jauh dari Malang seperti Lumajang dan Blitar.

0b8e08fcb92bdd791630217e34d22cbd.jpg

Kehancuran beberapa infrastruktur umum yang telah didata meliputi; sekolah, seperti SMKN 1 Turen dan MTsN 1 Kab. Malang, beberapa rumah ibadah, seperti menara masjid di Kecamatan Tirtoyudho patah, serta rumah sakit, salah satunya RS Mardi Waluyo, Blitar.

6846b41bc33eaf04470de3011a17e8b9.jpg

Hanya dalam waktu kurang dari satu menit, kembali manusia dibuat tak berdaya akibat hantaman gempa. Hanya dalam waktu kurang dari satu menit, saudara-saudara kita kehilangan harta benda, berbagai lini kehidupan terganggu seiring dengan lumpuhnya berbagai fasilitas umum.

a95a5fdb56a5f973d0be217ac740a6a8.jpg

Sahabat, ringankan duka saudara terdampak bencana dengan sedekah, infak terbaik kita. InsyaAllah MRI ACT Malang tengah berupaya maksimal untuk mendampingi para penyintas hingga masa pemulihan. Bantuan melalui donasi tertulusmu amat dinantikan di masa-masa darurat ini. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 28 Jun, 2021 Alhamdulillah sahabat dermawan, beberapa waktu lalu berkat kedermawanan terbaik kita sudah terbangun beberapa shelter di Kabupaten Malang dan Blitar. 



Alhamdulillah bisa meringankan sedikit beban dan kesusahan para penyintas terdampak Gempa. Namun kami masih butuh bantuanmu sahabat, sebab masih ada puluhan rumah para lansia yang tidak bisa di bangun kembali. 





Yuk berikan kedermawanan terbaikmu sekarang!
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang