Kondisinya Memprihatinkan, Bantu Perbaiki Pesantren Hidayatul Ihsan

Sebanyak 80% dari 84 santri Hidayatul Ihsan tidak berpunya. Mereka bisa tetap mengejar ilmu karena pesantren membebaskan mereka dari biaya. Namun, kondisi bangunan pesantren amat tak layak. Yuk kita bantu perbaiki!

Simpan

Kondisinya Memprihatinkan, Bantu Perbaiki Pesantren Hidayatul Ihsan

Target

Rp 13,111,211 Dari Rp 50,000,000

26%
210 Dermawan 113 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Kondisinya Memprihatinkan, Bantu Perbaiki Pesantren Hidayatul Ihsan


Pondok Pesantren Hidayatul Ihsan Terletak di Cipertani, Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 2004 dengan swadaya masyarakat dan tekad dakwah yang sangat tinggi.

Terdapat 6 guru yang mengajar dipesantren ini, dan semuanya luar biasa, bagaimana tidak? Mereka semua mengajar secara sukarela tanpa adanya honor yang mereka terima, namun mereka tetap istiqomah membimbing para santri yang perlahan bertambah jumlahnya hingga kini memiliki 84 orang santri 5b31e25ab5b3de229e94d699c49b2735.jpg

Namun sayangnya, mereka memiliki keterbatasan biaya untuk berbagai fasilitas, termasuk tempat tinggal santri. pesantren dengan jumlah santri 84 orang ini 80% merupakan santri dengan latar belakang ekonomi kurang mampu. mereka berangkat dari rumah hanya bermodalkan semangat dan tekad yang kuat untuk belajar dan menuntut ilmu.

b8d61ff65f4af6bb68563808d8d91f0f.jpg

Saat ini, mereka tinggal di asrama pesantren yang terbuat dari bambu, lebih tepatnya ini merupakan gubuk yang biasa mereka gunakan sehari-hari. Kondisinya sangat memprihatinkan gubuk ini dibangun diatas tanah yang berdampingan dengan kandang kambing, tidak ada jendela, tidak ada ruangan khusus, semuanya dilakukan dalam satu ruangan oleh setiap santri. Setiap ruangan yang ada digubuk ini dihuni oleh 1-2 orang didalamnya, tidak ada kasur, mereka hanya tidur diatas sehelai karpet tipis dan beberapa menggunakan tikar yang sudah lusuh dan mereka terbiasa tidur dengan kondisi dinding gubuk bolong-bolong.

42e6ecf4111a37e5b6c80289c1d545c8.jpg

Dalam proses belajar mengajar, mereka menggunakan sebuah bangunan semipermanen yang terbuat dari bambu. Mereka juga dituntut untuk mandiri, dengan mengolah makan sendiri setiap harinya, tentu jangan dibayangkan makan dengan menu mewah, mereka hanya memasak bahan makanan hasil berkebun atau yang tersedia saja di dapur umum pesantren.

Jika ingin menunaikan hajat dan kebutuhan harian, mereka harus berjalan jauh setiap harinya menuju MCK seadanya di lingkungan pesantren. Banyak diantara mereka yang dibebaskan dari pembayaran administrasi pesantren, dan banyak juga diantara mereka yang berusaha mencari penghasilan lain untuk memenuhi kebutuhan harian dirinya di pesantren. Pesantren Hidayatul Ihsan ini juga memiliki keleluasaan dan kelonggaran yang luarbiasa untuk santrinya yang qadarullah tidak mampu namun punya semangat belajar yang kuat.ㅤ

8ce3b5ccb37da39f9970367e798bb13a.jpg

Meski para santri ini tinggal dan hidup dipesantren dengan segala keterbatasan yang ada, namun mereka tetap semangat menimba ilmu, belajar dan menghafal Al Qur’an. Harapan mereka sangat besar, mereka ingin terus melanjutkan belajar dipesantren meski harus tertatih-tatih dalam berjuang menimba ilmu dan memajukan pesantrennya masing-masing dikemudian hari.

b542a2e475dd0e49e7aabf617bc2473d.jpg

Setelah mengunjungi langsung pesantren Al Barkah ini, Tim Aksi Cepat Tanggap berinisiatif untuk membangun asrama layak, MCK, masjid dan ruang belajar. In syaa Allah, ini semua dilakukan demi perbaikan kualitas Pendidikan mereka dan menggarap ridho Allah ta’ala. Sahabat, maukah kamu ikut serta membantu agar ikhtiar ini berjalan lancar?

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang