Kirim Asupan Gizi untuk Pemulung Mbah Nawan

Kirim Asupan Gizi untuk Pemulung Mbah Nawan dari Lampung Tengah Sekarang

Simpan

Kirim Asupan Gizi untuk Pemulung Mbah Nawan

Target

Rp 0 Dari Rp 100,000,000

0%
0 Dermawan 233 hari tersisa

Kirim Asupan Gizi untuk Pemulung Mbah Nawan

Update : 20 Apr, 2021


Mbah Nawan nama aslinya. Biasanya di panggil mbah rongsokan oleh masyarakat kampung gayau sakti. Beliau lahir di Banyumas Tanggal 01 April Tahun 1954. Beliau merupakan seorang lansia yang berada di Kampung Gayau Sakti RT 016 RW 004 Kec. Seputih Agung Kab. Lampung Tengah. Beliau hidup sebatang kara , tanpa memiliki sanak saudara yang berada di lampung. Mbah nawan dulunya pergi ke lampung untuk merantau dan bekerja menjadi kuli bangunan. Ketika pertama kali menginjakkkan kakinya di lampung, mbah nawan saat itu berusia 56 Tahun dan bermukim di kampung Mojo Pahit Kec. Punggur Kab. Lampung Tengah.

17012494d2e827c4084b804ca149d4a7.jpg

Beliau bersama temannya dari pulau jawa, bekerja menjadi kuli bangunan yang ikut pemborong di suatu proyek di lampung Tengah. Namun seiring perjalanan waktu, karena kondisi umur dan kesehatannya yang semakin tidak memungkinkan, akhirnya mbah nawan pun memutuskan untuk tidak ikut jadi kuli bangunan. Akhirnya mbah nawan memutuskan untuk mencari rongsokan. Dari situlah mbah nawan setiap harinya mencari rongsokan di sekitaran wilayah bandar jaya dan sekitarnya dan sampai wilayah poncowati. Dan pada hari, saat beliau mencari rongsokan di sekitar poncowati , ada seseorang yang menawari tempat tinggal untuk mbah nawan secara gratis.

fad26fca8b92cdb143b8e60eeba3db9b.jpg

Karena pada saat itu mbah nawan masih ngontrak rumah di mojopahit, akhirnya mbah nawan memutuskan untuk tinggal di poncowati . Dan seiring perjalanan mencari rongsokan , mbah nawan pun sampai ke wilayah seputih agung dan sekitarnya.pada tahun 2018 dan saat mencari rongsokan di daerah gayau sakti, mbah nawan di tawari sebuah rumah di daerah gayau sakti. Meskipun rumahnya itu masih papan , namun menurut mbah nawan nyaman, akhirnya rumah itu di beli mbah nawan dengan harga Rp. 3.000.000 , yang mana uang itu hasil jual rongsokan satu tahun. Akan tetapi tanah yang di tempati rumah itu, statusnya tanah milik Pasar Kampung Gayau Sakti.

6420f9f2e8547eb92ade1a115aa989c8.jpg

Kondisi mbah nawan sangat memprihatinkan. Dari segi ekonomi, mbah nawan hanya mengandalkan dari hasil rongsokan yang biasanya di jual setiap 3 bulan sekali. Dan itupun hasilnya hanya 1 juta, bahkan biasanya kalau hasil rongsokan yang dikumpulkan itu sedikit, hasilnya pun Cuma sedikit. Dan untuk makan sehari hari, mbah nawan pun biasanya hanya mengandalkan dari iba seseorang yang biasanya memberi makan. Mbah nawan mempunyai 2 ekor kambing yang kecil, yang itu dibelinya dari hasil mencari rongsokan dari 2 tahun terakhir. Dari segi kondisi rumah, hampir seluruh bagian dalam rumahnya di tempati oleh hasil mencari rongsokan-rongsokan itu. Mbah nawan takut kalau hasil rongsokan itu kehujanan ataupun kepanasan, makanya di tempatkan di dalam rumah, meskipun kalau lagi hujan deras, rumah mbah nawan pun tak luput dari banjir. Untuk tidur, mbah nawan tidur diatas ranjang kecil berukuran 1 m x 2 m , yang disitu juga merupakan tempat meletakkan baju bajunya.Terkadang juga mbah nawan tidur di teras teras rumah warga, dan biasanya juga tidur di masjid. Tidurnya pun tidak menggunakan bantal dan selimut, karena memang tidak punya. Untuk memasak, mbah nawan hanya memiliki 1 wajan dan 1 teko yang biasnya di gunakan untuk masak dan merebus air. Untuk mandi dan mencuci , mbah nawan masih menumpang di tempat air umum di balai kampung gayau sakti, dan sering juga di sumur warga sekitar.

a13750bedaba001f7b9b98d83d50f463.jpg

Warga sekitar pun berharap, ada pihak yang bisa memberikan bantuan penghidupan yang layak buat mbah nawan. Soalnya kehidupan mbah nawan, jauh dari kata layak dengan kondisi seperti itu. Apalagi dengan hidup sebatang kara dan tidak memiliki saudara.

Mbah Nawan juga berharap bisa hidup layak, seperti terjamin gizi nya, kesehatannya, pakainnya, tempat tinggalnya dan lain sebagainya. Harapan dari mbah nawan sendiri, ingin hidup yang layak dan punya tempat tinggal sendiri.

Sahabat mari bantu Mbah Nawan untuk bisa tercukupi Gizinya setiap hari. Harapanya mbah Nawan tetap kuat untuk mengais rejeki.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang