30 Tahun Belum Pernah Renovasi, Wujudkan Impian Warga Toblongan Miliki Masjid Layak

Masjid Baitul Amanah yang 30 tahun belum pernah direnovasi ini bangunannya terbuat dari bilik kayu yang sudah lapuk diengkapi dengan tiang penyangga darurat dan membahayakan saudara-saudara kita yang beribadah di sana. Yuk, bantu renovasi masjid ini

Simpan

30 Tahun Belum Pernah Renovasi, Wujudkan Impian Warga Toblongan Miliki Masjid Layak

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi
Jadi Duta Kemanusiaan

30 Tahun Belum Pernah Renovasi, Wujudkan Impian Warga Toblongan Miliki Masjid Layak

Update : 31 May, 2021


Inilah Masjid Baitul Amanah yang berada di Kampung Toblongan, Kota Tasikmalaya yang selama 30 tahun berdiri belum pernah direnovasi. Bangunan semi permanen campuran bilik kayu ini berukuran 7.5x4 meter. Berdiri sejak tahun 1990 sebagai tempat beribadah sholat dan menimba ilmu agama, bangunan semi permanen ini kondisinya sudah rapuh namun memiliki kemanfaatan yang besar. Dinding-dindingnya sudah bolong, teras dan atap menggunakan penyangga bambu seadanya agar tidak rubuh, juga ukurannya sangat sempit sehingga tidak bisa menampung jumlah jama’ah yang ada.

c57824beb062f297b4f58e262ff78a40.jpg

Selain shalat berjama’ah lima waktu, masjid ini juga digunakan untuk kegiatan keagamaan rutin, dan juga bulanan berikut dengan sholat tarawih saat bulan ramadhan. Untuk melaksanakan kegiatan ibadah ini masayarakat perlu perjuangan yang lebih, mengingat jumlah jamaah yang semakin banyak dan ukuran masjid yang kecil, seringkali sebagian melaksanakan kegiatan secara berdesakan dan sebagian menggunakan terpal dan memanfaatkan halaman masjid dengan beralaskan sejadah diatas tanah.

Masjid ini merupakan satu diantara dua masjid di kampung ini, namun masjid satu lagi ukurannya sangat kecil hanya bisa menampung jumlah jamaah 5-10 orang sehingga Masjid Baitul Amanah ini menjadi masjid yang cukup besar untuk menampung jamaah meski dengan segala keterbatasan yang ada. Untuk menuju ke masjid besar di lingkungan mereka, harus ditempuh dengan berjalan kurang lebih 500 meter dari kediaman masyarakat setempat.

58836b6e1c9f65b57e2a8e963839a90f.jpg

Masyarakat Toblongan ingin memiliki masjid yang memadai untuk kegiatan peribadahan dan aktivitas belajar agama. Namun mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh-buruh tani sehingga dana cukup sulit dihimpun. Namun tekad untuk memiliki masjid yang layak cukup kuat, masyarakat pernah dan sedang mengupayakan untuk merenovasi masjid tersebut dengan bantuan swadaya/gotong royong warga dengan cara urunan uang yang dipungut semampunya per kepala keluarga tiap minggunya. Untuk mendukung perjuangan masyarakat Toblongan, ACT berikhtiar untuk mewujudkan mimpi mereka memiliki masjid yang layak.

Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.
(HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533).

b1ff6978a84909c644f49235bd50143a.jpg

Sahabat Dermawan, kami ingin mengajakmu untuk bantu warga Toblongan dalam mewujudkan keinginan mereka memiliki masjid yang layak dengan sedekah terbaikmu! Insyaa Allah, dengan sedekah darimu maka mereka akan kembali berkegiatan di Masjid dengan nyaman. Mari kejar pahala jariyah dengan sedekah terbaikmu, sekarang.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan