Ayo, Tunaikan Zakat Fitrah untuk Saudara Rohingya

Ayo, sempurnakan ibadah Ramadhanmu dengan menunaikan zakat fitrah untuk saudara Rohingya!

Simpan

Ayo, Tunaikan Zakat Fitrah untuk Saudara Rohingya

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi
Jadi Duta Kemanusiaan

Ayo, Tunaikan Zakat Fitrah untuk Saudara Rohingya

Update : 06 May, 2021


Bismillahirrahmanirrahim...

Sahabat Dermawan, di bulan Ramdhan yang sangat istimewa ini, zakat fitrah merupakan ibadah wajib setiap muslim. Ada dua alasan mengapa zakat fitrah itu diwajibkan. Pertama, sebagai sarana penyucian ibadah puasa yang dijalankan, sebab mungkin masih ada kekurangan dan ketidaksempurnaan. Kedua, sebagai bentuk empati dan kepedulian kepada kaum miskin agar mereka turut berbahagia di hari raya.

"Rasulullah Shallallahu 'Alayhi wa Sallam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan kata-kata tak pantas, dan juga untuk memberi makan orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah diantara berbagai sedekah." (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

385834e060117cf8b48e2ffa64bfd214.jpg

(Sumber foto: Twitter/@UNICEF)

Rohingya, nama suku bangsa yang tinggal di Myanmar, sebagian besar mereka beragama Islam, krisis kemanusiaan yang terjadi akibat perang antar suku di Rakhine membuat mereka terusir dan saudara Rohingya kita terpaksa keluar dari tanah lahirnya sendiri. Kini, setelah mereka terlunta-lunta mencari pengungsian, mereka tersebar di berbagai negara sebagai pengungsi yang hidupnya penuh ketidakpastian hukum.

Hal ini membuat saudara Rohingya kita hidup di bawah garis kemiskinan, hidupnya jauh dari kata sejahtera, meski begitu mereka tetap bersyukur dengan sekecil apapun nikmat yang Allah beri, mereka ikhlas dan sabar menerima takdir Allah yang membuat mereka harus berjuang mempertahankan hidupnya sekaligus menjaga kemuliaan Islam.

Sahabat, keadaan saudara Rohingya mewajibkan setiap muslim yang memiliki kelapangan harta untuk menolong mereka, meringankan kesusahannya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan zakat fitrah yang kita tunaikan untuk mereka.

4a74bc08e5ef05219b1539b20c025adc.jpg

(Sumber foto: ACTNews/Erwin Santoso)

Insyaallah, zakat fitrah yang kita tunaikan untuk saudara Rohingya akan menjadi penyelamat di bulan Ramadhan ini dan hari raya idul fitri yang akan datang sebentar lagi. Sebagai saudara seaqidah kita wajib memastikan tidak ada lagi saudara-saudara kita yang kelaparan, terlebih di hari lebaran nanti.

Menunaikan zakat fitrah bukanlah sekedar menggugurkan kewajiban, tetapi juga menolong saudara-saudara kita yang kesusahan, meringankan kesulitan hidup yang mereka alami, mengisi perut-perut yang lapar dengan pangan terbaik dari zakat fitrah yang kita tunaikan.

480d48b8a37b60a29c72a63b787c7d6f.jpg

Mari, tunaikan zakat fitrahmu sekarang juga untuk saudara Rohingya, bersama Global Zakat - Aksi Cepat Tanggap, insyaallah zakat fitrahmu akan menyelamatkan saudara Rohingya yang sampai saat ini sedang berjuang menyelamatkan hidupnya.

Salurkan Fitrah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Fitrah Sekarang'
2. Masukan nominal Fitrah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Fitrah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan