Balada Mbah Ponidin dan Ketiga Anaknya yang Alami Keterbelakangan Mental

Keluarga Mbah Ponidin dikenal sebagai keluarga abnormal di lingkungannya. Mbah Ponidin hidup bersama ketiga putranya yang mengalami keterbelakangan mental. Hidup mereka jauh dari kata layak. Sahabat, yuk bantu Mbah Ponidin menghidupi ketiga anaknya

Simpan

Balada Mbah Ponidin dan Ketiga Anaknya yang Alami Keterbelakangan Mental

Target

Rp 0 Dari Rp 30,000,000

0%
0 Dermawan 54 hari tersisa

Balada Mbah Ponidin dan Ketiga Anaknya yang Alami Keterbelakangan Mental

Update : 04 May, 2021


Sahabat, perkenalkan Ini adalah Mbah Ponidin, sedari kecil ia sudah mengalami keterbelakangan mental. Keluarga Mbah Ponidin dikenal sebagai keluarga abnormal di lingkungannya. Bagaimana tidak, Mbah Ponidin hidup bersama ketiga putranya yang mengalami keterbelakangan mental juga. Mereka berempat tinggal di rumah yang sangat tidak layak di Dusun Krampyang Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.

37720bfc5529fe9e78fe3616d5ca89d1.jpg

Sambil berjalan sempoyongan, Mbah Ponidin yang sudah 78 tahun ini kemudian duduk diatas sak bekas yang sudah usang dan kumal di depan rumahnya. Tidak ada yang ia lakukan, hanya menatap kosong orang yang berlalu lalang.

4363eff901fac831596533c0b13bf253.jpg

Terbiasa hidup seadanya, Mbah Ponidin dan ketiga anaknya yaitu Sarini (50), Nyaman (48) dan Srinatun (45) hanya tidur di lantai tanah dan papan kayu yang lapuk dengan beralaskan tikar lusuh. Saat malam tiba, Mbah Ponidin harus menyalakan api unggun di dalam rumahnya untuk melawan dinginnya malam.

Hidup mereka jauh dari kata layak, untuk kebutuhan perutnya, mereka mengandalkan pemberian dari orang-orang disekitarnya. Jika tidak ada yang memberi mereka makan, terpaksa mereka harus menahan lapar. Bahkan saat tim Aksi Cepat Tanggap Kediri menghanpirinya, mereka hanya makan nasi dengan lauk cabai goreng.

007f127d7b5a0f02b69780418d7e8621.jpg

Tidak_ada barang berharga dalam rumah Mbah Ponidin, bahkan tempat tidur ataupun almari ia juga tidak punya. Pakaian yang dikenakan pun sangat memprihatinkan, baju lusuh yang sudah penuh arang dan kaki kotor akibat tak memakai alas kaki.

5cb9511b4ccf84c0c22f0c452cf3df06.jpg

Meski secara umum mereka bisa menghidupi diri sendiri, kondisi mereka sangat memprihatinkan. Mereka tidak bisa berkomunikasi dengan warga lainnya. Secara ekonomi pun mereka bergantung pada warga sekitar yang mau memberi mereka makanan.

"Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika didunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat. Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim , niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya" (HR. Muslim).

Sahabat, maukah kamu memberikan hunian layak untuk Mbah Ponidin dan ketiga putranya? Baik berupa alas tidur, perabotan rumah tangga, dan juga memberikan bahan pokok kepada keluarganya?

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang