Ayo Bangun Pondok yang Layak untuk Para Penghafal Quran

Sahabat Dermawan, mari bantu bangun pondok layak untuk para penghafal quran di Kulon Progo!

Simpan

Ayo Bangun Pondok yang Layak untuk Para Penghafal Quran

Target

Rp 6,247,616 Dari Rp 30,000,000

21%
85 Dermawan 174 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Ayo Bangun Pondok yang Layak untuk Para Penghafal Quran

Update : 04 May, 2021


Para penghafal quran belajar di bangunan sederhana berdinding terbuka dari anyaman bambu, tak jarang kedinginan dan kehujanan. Ditambah dengan jalan menuju rumah quran yang curam dan terjal. Mari bantu bangun pondok yang layak untuk para penghafal quran di Kulon Progo.

Mereka tak menghiraukan dinginnya angin dan cipratan air hujan yang menerpa.
Mereka juga tak keberatan harus duduk berdesak-desakan karena sempitnya ruangan.
Bahkan jalan menuju rumah quran yang menanjak dan terjal juga tak menyurutkan langkah mereka.

6f81824da195eb1d08d850b11e69a082.jpg

Sahabat Dermawan, bangunan sederhana berdinding terbuka dari anyaman bambu ini menjadi saksi perjuangan para generasi muda insani dalam menghafalkan qur’an. Rumah Quran Adz Dzikro terletak di pinggir sungai Progo, berdiri di atas tanah wakaf dari seorang dermawan dan didirikan gotong royong oleh warga. Sebagian besar warga hanya bekerja sebagai buruh serabutan sehingga hanya mampu mendirikan sebuah bangunan sederhana dari kayu dan anyaman bambu.

Setiap sore adik-adik santri datang ke Rumah Quran Adz Dzikro menempuh jalan menanjak dan terjal, serta harus melewati kandang sapi. Tak jarang sembari menunggu Ustadz datang, para santri duduk di tumpukan kayu dekat kandang sapi di pinggir sungai sembari mengaji. Tidak hanya adik-adik santri yang belajar di RQ Adz Dzikro, para ibu-ibu juga setiap hari belajar tahsin setelah shalat isya.

ff435a9d902b3996e9136ecf00dc6eef.jpg

Fasilitas yang tersedia pun masih terbatas, hanya ada meja-meja kayu dan satu buah papan tulis berukuran sedang. Tak jarang para santri tak bisa melihat tulisan di papan tulis karena ukuran papan tulis yang kurang besar. Tempat wudhu yang tersedia pun hanya terbuat dari ember sederhana dan ditempat terbuka. Setiap bulannya para wali santri patungan untuk membayar air dan listrik.

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia… Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)"

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Kulon Progo akan membantu membangun Rumah Quran Adz Dzikro menjadi lebih layak dan nyaman untuk para penghafal quran, sehingga para generasi qurani dapat lebih semangat dalam mempelajari ilmu agama.

2a2c4412bf13fda82741bb9a03f3546d.jpg

Sahabat Dermawan, mari bantu bangun pondok layak untuk para penghafal quran. Setiap ayat yang dibaca berulang-ulang oleh penghafal Qur’an Insya Allah mengalir juga amalannya untuk para pemberi sedekah!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang