Bantu Warga Pelosok Pulau Kangean Miliki Sumur, Sumber Irigasi Sawah dan MCK

Sahabat, yuk raih pahala jariyyah dengan bantu pembangunan sumur, MCK dan pipanisasi untuk irigasi sawah warga di Pulau Kangean, Madura!

Simpan

Bantu Warga Pelosok Pulau Kangean Miliki Sumur, Sumber Irigasi Sawah dan MCK

Target

Rp 5,166,333 Dari Rp 15,000,000

34%
55 Dermawan 141 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Warga Pelosok Pulau Kangean Miliki Sumur, Sumber Irigasi Sawah dan MCK

Update : 05 May, 2021


Bersyukur rasanya ketika bangun di pagi hari kita bisa segera mandi hanya dengan memutar keran air. Tapi hal tersebut tidak bisa dilakukan warga di Dusun Kolla, Desa Sawah, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Sumenep, Madura. Dusun yang ditinggali 1000-an warga ini hanya memiliki sumber air yang terbatas, sumber air yang digali didalam tanah ini sebenarnya cukup besar, tapi airnya agak sedikit keruh sehingga harus diendapkan terlebih dahulu oleh warga ketika hendak menggunakan. Dari sumber air inilah warga menimba untuk mandi, mencuci, membersihkan diri untuk buang hajat, juga untuk memasak.

13a14361edb8bf608a0e2aeef855353e.jpg

Sayangnya, sumur ini tidak memiliki infrastruktur yang memadai yang bisa digunakan untuk warga mengaksesnya. Padahal, sumber air ini tidak hanya digunakan untuk keperluan keluarga sehari-hari, tapi juga untuk pengairan sawah warga. Warga disini juga mayoritas tidak memiliki tempat MCK, biasanya warga buang air di sawah ketika malam. Mayoritas warga bertani ketika musim hujan, tapi jika masuk musim kemarau yang sulit air sehingga tidak ada irigasi, warga bekerja serabutan saja. Penghasilan rata-rata mereka Rp 250.000-500.000/bulan.

Untuk bisa mengakses lokasi dusun, dari Surabaya-Sumenep perjalanan mobil selama 4 jam, menuju pelabuhan Kalianget Sumenep naik kapal yang hanya ada sehari 1 atau 2x saja untuk sampai ke Pelabuhan Kangean yang ditempuh selama 9-12 jam. Setelah itu dari pelabuhan ke lokasi dusun dengan kendaraan darat selama 1 jam.

3edd46c482953642c73a6f90f374a614.jpg

Saat ini, warga membutuhkan penggalian sumur dalam di sumber air yang sudah ditemukan, lalu membangun infrastruktur tandon, pipanisasi jalur irigasi, pompa air ke rumah-rumah warga dan pembuatan Kamar Mandi beserta MCK, supaya warga tak lagi buang hajat di sawah di tengah malam.

Rasulullah bersabda, "Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah ia meninggal dunia (salah satunya) orang yang menggali sumur." (HR. Bazzar)

0162d3f4eb828913f1d4abeab0e951ae.jpg

InsyaaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Jatim akan melakukan penggalian sumur dalam di sumber air yang sudah ditemukan, lalu membangun infrastruktur tandon, pipanisasi jalur irigasi, pompa air ke rumah-rumah warga dan pembuatan Kamar Mandi beserta MCK.

Sahabat Dermawan, bantu ringankan sulitnya warga Pulau Kangean yang terpelosok untuk mendapatkan akses air bersih yuk. Bantu bangunkan sumur, MCK dan pipanisasi untuk irigasi sawah warga. Raih pahala jariyyah dari pembangunan sumur untuk ribuan warga di Pulau Kangean, sampaikan kepedulian terbaik melalui laman ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang