Bantu Salurkan Air Bersih untuk Penyintas Gempa Maluku yang Krisis Air

Duka mendalam akibat gempa yang mengguncang Maluku, (26/9/19) masih terasa. Ratusan warga penyitas gempa yang masih bertahan di tenda pengungsian kini mengalami krisis air bersih. Yuk bantu Penyitas Gempa Maluku untuk mendapat akses air yang layak!

Simpan

Bantu Salurkan Air Bersih untuk Penyintas Gempa Maluku yang Krisis Air

Target

0 0

0%
0 185 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Salurkan Air Bersih untuk Penyintas Gempa Maluku yang Krisis Air


Masih segar dalam ingatan, bagaimana kuatnya gempa berskala 6,5 Magnitudo yang berhasil memporak porandakan wilayah Maluku. Meski sudah hampir dua tahun berlalu, tetapi dampak sisa-sisa dari gempa masih dirasakan sebagian masyarakat di sana.

Hal ini terlihat dari ratusan warga dan anak-anak penyitas gempa yang masih bertahan di lokasi pengungsian, lantaran rumah mereka yang hancur belum sempat diperbaiki. Tidak cukup sampai di situ, krisis air bersih dan tidak adanya akses Mandi Cuci Kakus (MCK) di pengungsian menjadi masalah yang kian mengkhawatirkan.

3abcfac846d950388eb76b46ea98c255.jpg

Selama dua tahun tinggal di pengungsian untuk mendapatkan air bersih warga harus turun ke kampung mereka dengan jarak tempuh hingga 1 km. Jauhnya jarak tersebut membuat para penyitas gempa Maluku akhirnya menggali kolam untuk Buang Air Besar (BAB).

Salah satu penyitas gempa Maluku Yusuf Sayudin mengungkapkan, sulitnya akses air bersih dan kondisi toilet di pengungsian sudah semakin mengkhawatirkan untuk kesehatan anak-anak dan penyitas gempa lainnya.

a09838e19491efafb4c6899fe19f3a0c.jpg

"Kadang jika memiliki uang lebih, kami akan berpatungan Rp 50.000 per tenda untuk membeli air bersih. Kemudian air tersebut akan dibagi ke beberapa jerigen untuk konsumsi satu minggu," tutur Yusuf, warga pengungsian Desa Liang, Salahutu, Maluku Tengah.

Yusuf dan para penyitas lain yang masih bertahan di tenda pengungsian pun berharap adanya bantuan penyaluran air bersih dan pembangunan MCK. Untuk itu, Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Maluku akan terus berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.

9f99c53c8f1b59c28439fcb45369b527.jpg

Dari Abu Hurairah radiyallahu anhu berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Yuk Sahabat Dermawan, mari kita ringankan duka saudara kita di tenda pengungsian dengan sedekah dan infaq terbaik kita. Insya Allah MRI ACT Maluku Tengah akan berupaya memdampingi dan memantau pembangunan MCK untuk para penyitas gempa Maluku.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang