Bantu Hadirkan Ambulan Laut untuk Warga Pulau Terluar Banten

Warga Pulau Tunda sangat membutuhkan bantuan ambulan agar warga di sana tak harus menyebrang pulau untuk berobat ke dokter. Sahabat, yuk bantu mudahkan mereka!

Simpan

Bantu Hadirkan Ambulan Laut untuk Warga Pulau Terluar Banten

Target

0 0

0%
0 31 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Hadirkan Ambulan Laut untuk Warga Pulau Terluar Banten

Update : 11 May, 2021


Banyak dari masyarakat Pulau Tunda yang mengeluhkan minimnya fasilitas medis, bahkan untuk ibu hamil sendiri harus keluar pulau untuk bisa melakukan USG pemeriksaan kandungan. Salah satunya Junenah, ibu hamil yang harus pergi ke Serang untuk melakukan USG.

"Kalau puskesmas sendiri sih ada disini, bidannya juga ada. Kemungkinan kalau kita ngebutuhin untuk USG itu harus keluar, kita harus ke Serang karena disini alat – alatnya kurang lengkap. Namanya kita ada di pulau kayak begini, kalua segala sesuatunya kita harus keluarkan penuh resiko. Mending cuacanya lagi bagus, kalau cuacanya lagi kayak gini dan kondisi kita engga fit kan sulit juga." jelasnya.

2b29d95f51086fc6e7ef17fa0841ca86.jpg

Menurut penuturan dr. Argo, ada lebih dari 50% masyarakat yang mengeluhkan gatal-gatal di Pulau Tunda.
"Hampir 50% lebih masyarakat pulau tunda itu mengeluhkan gatal-gatal, baik dari anak-anak, dewasa maupun lansia. Sementara masyarakat lainnya mengeluhkan penyakit lain seperti lambung, darah tinggi ataupun batuk pilek," jelasnya.

dc36e191238fe46db71fc3a94d3b0f43.jpg

Pulau Tunda hanya memiliki 1 Puskesmas Bantu yang beroperasi di hari Selasa, Rabu dan Jumat. Hal ini terkait dengan minimnya tenaga medis di Pulau Tunda, saat ini hanya ada 1 bidan di pulau tunda. Padahal ada sekitar 452 KK atau 1494 jiwa yang menetap di pulau ini. Tidak hanya tenaga medis yang minim, obat-obatan dan alat kesehatan juga sangat minim ketersediannya. Sehingga jika ada masyarakat yang kondisi kesehatannya semakin buruk, maka harus menyeberang ke daerah Karangantu, Serang. Jarak tempuh dari Pulau Tunda ke Serang yaitu sekitar 2-3 jam.

Belum lagi jika cuaca sedang buruk, maka semakin terhambat perjalanan lautnya, tidak jarang masyarakat nekat menyeberang pulau ke Karangantu, Serang agar segera mendapatkan penanganan medis. Dapat dibayangkan begitu sulit upaya yang perlu ditempuh masyarakat pulau tunda untuk mendapatkan akses kesehatan yang baik.

9efd563840738b01fb8459b931a3669b.jpg

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat..."

Bersama ACT Banten, mari bantu sediakan Perahu Ambulan untuk masyarakat pulau tepian Banten. salah satunya Pulau Tunda yang memiliki penduduk yang banyak serta sangat membutuhkan fasilitas medis yang memadai. Insyaallah, bantuan ini akan sangat bermanfaat untuk saudara-saudara di tepian Banten yang membutuhkan.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang