Dibangun di Wilayah Eks Lokalisasi, Bantu Pesantren Al-Amin Agar Kokoh Berdiri

Dahulu, tempat ini jadi salah satu lokalisasi di Kabupaten Malang. Namun, kini pesantren rakyat berdiri di atasnya sebagai tempat belajar warga prasejahtera, meski dengan segala kekurangan. Yuk, kita kokohkan bangunan pesantren ini!

Simpan

Dibangun di Wilayah Eks Lokalisasi, Bantu Pesantren Al-Amin Agar Kokoh Berdiri

Target

0 0

0%
0 77 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Dibangun di Wilayah Eks Lokalisasi, Bantu Pesantren Al-Amin Agar Kokoh Berdiri


"Tidur kami memang kayak pindang, tapi ga mengurangi niat kami buat belajar ilmu disini, mas," kata salah satu santri Pesantren Rakyat (Perak) Al-Amin.

Pesantren ini berada di Sumberpucung, Kab. Malang. Didirikan sejak 25 Juni 2008 oleh KH. Abdullah SAM, S.Psi atau biasa dipanggil Kyai Sableng. Pesantren Rakyat berdiri dan berkembang di tengah-tengah lingkungan masyarakat berbagai macam kultur dan latar belakang. stasiun, pasar, perjudian, togel, perselingkuhan, tempat wisata, penginapan gelap dan di daerah prostitusi terbesar di Kabupaten Malang.

2eecad249a10bdee796a07b8d49df27a.jpg

7a24c6cb5fab3698f40321407f58fb2d.jpg

Masyarakat di sekitar sangat sulit untuk dikondisikan dan diarahkan untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lamanya. Tidak itu saja, angka kemiskinan di wilayah tersebut juga tinggi akibat angka penganggurannya yang sangat banyak. Namun, sejak tahun 2008, wilayah tersebut berubah 360 derajat. Masyarakatnya lebih dekat dengan agama dan memiliki rasa gotong royong serta rasa kebersamaan. kebiasaan-kebiasaan buruk pun mulai ditinggalkan dan beralih kepada aktivitas keagamaan.

Pondok Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung menjadi poros perubahan lingkungan sekitarya menjadi lebih baik. Anak-anak yang berada di sekitar lingkungan juga terselamatkan dengan banyaknya yang mulai belajar dengan tekun di pondok pesantren rakyat Al - Amin. Bahkan saat ini tak hanya orang sekitar, namun telah diminati masyarakat dari berbagai penjuru, mulai Banten hingga Banyuwangi berbondong-bondong hijrah menjadi murid Kyai Sableng.

1bc7f2907a2613bf939e6fbcdc2a7f3b.jpg

Sekalipun demikian, semangat menuntut ilmu para masyarakat yang ingin memperbaiki hidupnya tidak berjalan sejajar dengan kondisi infrastruktur dan pelayanan di Pondok Pesantren Rakyat Al-Amien. Masih banyak kamar dengan kondisi yang kurang layak untuk ditempati. Padahal hampir setiap bulannya banyak calon santri yang ingin belajar kepada Kyai Sableng.

Hanya ada 5-7 kamar tidur layak yang harus dan terpaksa dihuni 10 anak setiap kamarnya. Berjubel berdesakan antar santri agar bisa tidur terlelap, namun memang tidak akan bisa dengan kondisi yang sangat terbatas. Belum lagi ketika hujan mendera, atap yang ringkih kadang meneruskan air hujan di sela-sela dan membanjiri kamar santri. Terpaksa harus ditadah menggunakan ember agar kamar tidak basar karena bocor.

9dd9d5651c9366ec596efbb03dae79fa.jpg

Demikian pula ketersediaan fasilitas untuk santri, tidak ada selimut yang bisa digunakan mereka. Hanya sarung yang menjadi barang mewah untuk melindungi mereka dari terpaan dinginnya angin malam. Seperti cerita sebuah drama, namun kondisi ini nyata adanya. Para santri yang benar-benar ingin menuntut ilmu, bukan hanya diuji keistiqomahan tekadnya, namun juga diuji dengan kondisi belajar yang sangat terbatas.

Mereka tak pernah ditarik biaya, karena memang Kyai Sableng sejak awal tidak ingin merepotkan siapapun yang ingin belajar ilmu Islam di Pondok Pesantrennya. Kondisi ini tidak boleh kita biarkan, sudah seharusnya kita membersamai mereka para santri yang terus gigih belajar ilmu Islam, serta membersamai dakwah Kyai Sableng untuk terus mengajarkan nilai Islam kepada siapapun yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

InsyaAllah, ACT Malang berupaya menghadirkan tempat tinggal yang layak bagi para santri Pondok Pesantren Rakyat Al-Amin. Yuk, ikut serta berpartisipasi dalam mendukung anak-anak prasejahtera mendapatkan pendidikan agama yang memadai!

c1695e4bd7aa9e3a638b4c2a358e734d.jpg

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang