Teguhkan Aqidah Para Mualaf Aceh, Dirikan Masjid yang Layak

Dusun Kala jadi tempat bermukim para mualaf di Aceh Tengah. Dengan segala keterbatasan, mereka belajar dan memperdalam agama Islam. Mereka punya keinginan: membangun masjid yang lebih layak. Yuk, wujudkan cita-cita para mualaf yang penuh semangat ini

Simpan

Teguhkan Aqidah Para Mualaf Aceh, Dirikan Masjid yang Layak

Target

0 0

0%
0 66 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Teguhkan Aqidah Para Mualaf Aceh, Dirikan Masjid yang Layak


Kali ini, kami ajak Sahabat untuk berkunjung ke kampung mualaf di Aceh Tengah. Ya, Sahabat, Aceh memang dikenal sebagai wilayah mayoritas Muslim di Indonesia, oleh karena itu banyak dari kaum mualaf yang memilih berhijrah ke Serambi Mekah bahkan di wilayah pedalaman sekali pun. Salah satunya di Dusun Kala, Desa Wih Ilang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah.

f3ff3480f50a057aae4e92fc38a59f2d.jpg

Mayoritas warga dusun ini belum lama menetapkan hati pada agama Islam. Dusun tersebut dihuni oleh 100 KK, dan sebanyak 210 jiwa di antaranya merupakan warga yang hijrah dari Sumatera Utara ke Dataran Tinggi Gayo untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dengan menjadi petani. Mereka menemukan hidayah dan memutuskan menjadi muallaf di Kala Wih Ilang. Namun, kehidupan serba terbatas harus mereka alami di perantauan. Untuk sekadar menjalankan kewajiban berislam saja mereka kesulitan karena minimnya fasilitas memadai.

e5aec7a36cbf0e28160e8ac823d86c15.jpg

Warga mualaf Kala Wih Ilang membutuhkan sebuah masjid yang layak untuk melaksanakan ibadah shalat, termasuk Shalat Jumat berjamaah. Saat ini, mereka menggunakan sebuah mushala sederhana dengan struktur kayu yang mulai sepuh. Mushala tersebut digunakan untuk semua kegiatan keagamaan, termasuk kegiatan pengajian dan ceramah agama.

59f670d6f30ed81a91f530b0a199b8cc.jpg

Akses ke masjid lainnya sangat jauh mencapai 4 kilometer dengan kondisi jalan yang memprihatinkan. Saat musim hujan, jalanan tidak bisa dilalui kendaraan manapun karena berlumpur, sedangkan saat musim kemarau, jalanan berbatu dan berdebu.

Dusun Kala sendiri merupakan permukiman yang terletak di ketinggian 1.600 MDPL dengan waktu tempuh 40 menit dari pusat Desa Wih Ilang, atau lebih dari sejam dari Kota Takengon sebagai pusat kota terdekat. Kondisi yang cukup terpencil inilah yang membuat mereka jarang mendapatkan perhatian.

“Kami sangat menginginkan adanya Mesjid Permanen yang lebih layak sehingga kami lebih semangat dalam beribadah..” ungkap warga mualaf Dusun Kala.

c9e5ee95a8832251d1c5c6b8e50e4c85.jpg

Sahabat, Aksi Cepat Tanggap Lhokseumawe mengikhtiarkan pembangunan Masjid Permanen untuk Dusun Mualaf Kala Wih Ilang di Pedalaman Serambi Mekah. Maukah kamu mengalirkan kebaikan yang insyaallah pahalanya akan senantiasa mengalir bahkan setelah kita wafat kelak, dengan membangun masjid bagi saudara-saudara baru kita? Bismillah. Mari bersama-sama menguhkan keimanan dan semangat Mualaf Kala Wih Ilang dalam beribadah dengan menghadirkan masjid yang lebih layak dan menjadi simbol keagungan Islam di kampung mualaf ini.

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang