back
home
Banner Detail
Bangun Sumur dan Tempat Wudhu Masjid Al Ikhlas Pelosok Pulau Sapudi
Banner Content

Terkumpul

Rp22,444,960

dariRp50,000,000

206

Dermawan

57

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Surabaya
Marker Primary 
Pulau Sapudi, Madura
 
|
 
Dibuat 11 Mei 2021
Ayo, antu warga punya sumur masjid, pipanisasi ke rumah warga, juga pembangunan tempat wudhu dan MCK di Pulau Sapudi!
Kekeringan panjang selalu menghampiri warga pelosok Pulau Sapudi. Banyak sekali warga yang harus berjalan berkilo-kilo meter untuk membeli air bersih dari desa lain. Termasuk untuk beribadah di Masjid Al Ikhlas, Dusun Galih, Sapudi. Bantu warga punya sumur masjid, pipanisasi ke rumah warga, juga pembangunan tempat wudhu dan MCK.

Kekeringan panjang selalu menghampiri warga pelosok Pulau Sapudi. Pasokan air hanya ada ketika musim hujan tiba, sedangkan musim kemarau selalu lebih panjang dari musim hujan.

ecea6645297860e99d68a70e1bc814d7.jpg

Harga air setangki mencapai 75 ribu yang habis untuk beberapa hari saja, sedang mayoritas warga bekerja sebagai petani dan kuli dengan gaji rata-rata 250-500 ribu sebulan. Untuk mencukupi kebutuhan air saja sangat sulit, belum keperluan pangan dan kebutuhan harian lainnya.

Hal ini terjadi di Dusun Galih, Desa Gendang Barat, Kabupaten Sumenep, Pulau Sapudi, Madura. Warga Dusun Galih memiliki sebuah masjid, yakni Masjid Al Ikhlas. Disinilah pusat warga beribadah. Sebagaimana keringnya Dusun ini, masjid ini pun tidak memiliki tempat wudhu dan MCK, mengambil air pun harus dari desa sebelah.

34c28a369eed0bbc5def0f08554ffd0f.jpg

Kalaupun ada sumur, airnya keruh karena struktur tanahnya berlumpur. Warga membutuhkan sumur yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga di Dusun Galih, Pulau Sapudi ini. Termasuk untuk kebutuhan beribadah.

Warga membutuhkan sumur yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga di Dusun Galih, Pulau Sapudi ini. Termasuk untuk kebutuhan beribadah. Warga butuh sumur, pipanisasi ke rumah-rumah warga, pembangunan MCK dan tempat wudhu untuk masjid Al Ikhlas.

“Barang siapa yang menggali air (sumur), maka tidak minum darinya makhluk hidup baik jin, manusia dan burung kecuali Allah memberinya pahala pada hari kiamat.” (HR Bukhari)

747a5f439f32ca7dd33efcfe706c67b9.jpg

InsyaaAllah, tim Aksi Cepat Tanggap Jawa Timur akan berikhtiar membangun sumur dalam untuk masjid Al Ikhlas, pipanisasi ke rumah-rumah warga di Dusun Galih, Sapudi, juga pembangunan MCK dan tempat berwudhu, sehingga warga Dusun Galih tak lagi membeli air di desa sebelah atau menggunakan air keruh.

Sahabat Dermawan, mari bantu warga Dusun Galih memiliki sumur yang bertempat di masjid Al Ikhlas, termasuk tempat wudhu dan MCK nya. Tidak hanya untuk beribadah, sumur ini juga akan di pipanisasi ke rumah-rumah warga, sehingga warga Dusun Galih tak lagi membeli air di desa sebelah, atau menggunakan air keruh.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia
Icon Image

Global Wakaf

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 1,228,083,978

118

Rp22,444,960

Terkumpul dari Rp50,000,000