Bantu Renovasi Madrasah di Garut yang Ambruk Ditabrak Truk

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Tragedi menimpa MDTA Nurul Barokah, Garut, saat sebuah truk pengangkut bata menabrak madrasah. 3 orang meninggal dan banyak santri alami trauma hingga sebulan pascakejadian. Ayo bantu perbaiki madrasah!

Simpan

Bantu Renovasi Madrasah di Garut yang Ambruk Ditabrak Truk

Target

0 0

0%
0 66 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Renovasi Madrasah di Garut yang Ambruk Ditabrak Truk


Sore itu, sekitar pukul 16:30 WIB di hari Jumat 02 April 2021 menjadi hari yang nahas bagi santri dan asatidz di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Nurul Barokah Kampung Haredong, Desa Sindang Galih, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Aktivitas mengaji yang biasanya dilakukan ba’da ashar oleh anak-anak usia 11-12 tahun atau 5 dan 6 SD berakhir duka.

7ecf885babd3a18387db2405d211816b.jpg

Pasalnya, ketika para santri sedang asyik mengaji, sebuah truk bermuatan batu bata menabrak bangunan madrasah. Peristiwa kecelakaan itu bermula ketika truk Mitsubishi dengan pelat nomor Z8229DW yang dikemudikan Suhanda (50 tahun) datang dari arah Kampung Nangoh menuju Kampung Haredong dengan kondisi jalan di sana lurus menurun. Truk yang melaju di turunan itu diduga mengalami kendala pengereman hingga akhirnya menabrak bangunan Yayasan Nurul Barokah yang berada di sekitar jalan kampung tersebut.

a9c0158d22ad7ed91c8cafc66f318f76.jpg

Sontak, anak-anak yang sedang mengaji dan 1 guru menjadi korban dalam insiden tersebut. Suara tabrakan tersbut terdengar oleh warga sekitar sehingga berbondong-bondong menuju lokasi.

Salah seorang ustadz yang selamat dari kejadian tersebut adalah ustadz Ahmad. Beliau menceritakan, ketika itu ia mengajar 16 santri di kelas 4. Beliau beristirahat sebentar ke ruang guru yang tidak jauh dari ruang belejar untuk minum air. Tidak ada firasat apa-apa, tiba-tiba truk dengan kecepatan tinggi tiba-tiba menghantam bangunan madrasah sehingga membuat suasana yang ramai dengan suara anak-anak yang ramai mengaji seketika menjadi hening. Akibat benturan yang keras menghantam bangunan madrasah, ustadz Ahmad bergegas langsung melihat ke ruang belajar. Beliau kaget dan trauma dengan kejadian tersebut, bagaimana tidak, anak-anak didiknya berada dalam kondisi mengenaskan tertimpa truk berisi bata!

ec9eb04f9c0304a9de7fdae1c2aef0a4.jpg

Dalam insiden tersebut ada dua santri yang sedang belajar, yaitu Dede Hidayat (12) dan Dela Panesa (12) meninggal. Dede meninggal seketika akibat tertimpa reruntuhan bangunan dan tabrakan truk, sementara Dela meninggal di rumah sakit, akibat luka yang cukup parah. Korban lainnya yaitu Suhanda (50 tahun) sopir dari truk yang juga meninggal di lokasi kejadian. Beberapa santri dan ustadz juga mengalami luka berat dan harus mendapatkan perawatan intensif.

Innalillahi wa innailaihi raji'un.
Salah satu saksi mata sekaligus orang tua korban menuturkan, ia langsung bergegas menuju madrasah ketika mendengar suara kencang. Ia syok melihat truk bermuatan truk menabrak madrasah sehingga menghancurkan atap, dinding tembok dan beton. Kepulan asap debu menyelimuti bangunan madrasah. Satu persatu anak-anak ditemukan dalam keadaan terjepit reruntuhan.

757d97da0dcf5e52cbe41cf17a46162b.jpg
(aktivitas santri sebelum kejadian)

Kepala sekolah Yayasan Nurul Barokah yaitu Bapak Tedy Badru Tamam yang kebetulan sedang tidak berada di lokasi sangat terpukul dengan kejadian ini. Dirinya tak menyangka, apakah ini mimpi bangunan tempat belajar anak-anak didiknya hancur ditabrak truk dan anak didiknya meninggal serta luka-luka, apalagi peristiwa ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Ramadhan tiba. Kini, lewat dari sebulan pascatragedi tersebut, Pak Tedy berharap agar madrasah bisa direlokasi ke wilayah yang lebih aman dan tidak lagi berada di turunan yang curam dan panjang. Ia juga berharap agar anak-anak didiknya dapat sembuh dari trauma dan bisa kembali mengenyam pendidikan agama yang layak.

937a8ab17871dd878bcd586fc4834341.jpg

Sahabat, Aksi Cepat Tanggap Garut berupaya membantu agar gedung MDTA Nurul Barokah dapat kembali menampung santri-santri. Maukah kamu menolong para santri yang sebagian besar berasal dari keluarga prasejahtera ini agar bisa kembali belajar dengan layak? Meski Ramadhan sudah lewat, jangan sampai kepedulian kita kepada sesama berkurang. Mari ceriakan para santri lagi, sampaikan sedekahmu untuk perbaikan MDTA Nurul Barokah!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang