Terancam Ambruk Saat Badai, Bantu Perbaiki Rumah Pak Rasiman

Pak Rasiman hanyalah nelayan dengan penghasilan sekitar 20 ribu rupiah per hari, yang tinggal di rumah nyaris ambruk dan selalu terendam air saat hujan. Ayo bantu renovasi rumah beliau!

Simpan

Terancam Ambruk Saat Badai, Bantu Perbaiki Rumah Pak Rasiman

Target

0 0

0%
0 108 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Terancam Ambruk Saat Badai, Bantu Perbaiki Rumah Pak Rasiman

Update : 28 May, 2021


Ini kisah tentang nelayan pesisir Pantura, Pak Rasiman namanya. Ia tinggal bersama dengan istri dan ketiga anaknya di sebuah rumah yang sangat memprihatinkan. Rumah berdinding asbes berukuran 5x8m ini dibeli dari tetangganya sebagai buah hasil kerja kerasnya melaut pada 2012 silam. Lokasi rumah tepat di kawasan tambak ikan (balongan), dan karena berada sangat dekat dengan laut, airnya sangat asin. Pak Rasiman dan keluarga tidak bisa memanfaatkan air untuk keperluan sehari-hari dan terpaksa membeli air ledeng di tetangga.

c6be8723357abe8fff2556a0233e9731.jpg

Hanya ada 2 sekat ruangan, yaitu ruang depan sebagai ruang tamu sekaligus ruang tidur, dan bagian belakang adalah dapur. Tidak ada fasilitas MCK di dalamnya. Lantai rumah beralaskan tanah yang dilapisi spanduk bekas, itupun selalu becek tergenang air luapan tambak. Menyedihkannya, jika hujan turun, satu keluarga ini tidur dengan berdiri karena rumah penuh dengan air.

5fe25cb3467b47808fbce718a1070252.jpg

Profesinya sebagai nelayan sangat bergantung pada cuaca. Bersama anak tertua, setiap hari ia melaut, menangkap ikan untuk dijual, namun seringkali pulang tanpa penghasilan sama sekali apabila kondisi cuaca sedang buruk. Sang istri tak tinggal diam. Dia ikut berjualan ikan hasil tangkapan suaminya dengan berkeliling kampung menggunakan sepeda bututnya. Jika ditotal, penghasilan keluarga ini tak sampai 20.000/hari.

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Tegal akan membantu merenovasi rumah Pak Rasiman, terutama memperkokoh dari pondasi dan seluruh bangunannya. Selain itu insya Allah kami juga akan menyediakan sumber air bersih untuk kebutuhan keluarga Pak Rasiman.

3baf0fb2c37508dae70d8c590ae9358e.jpg

Mari ikut membantu keluarga ini agar bisa hidup lebih layak. Sebagaimana janji Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam: "Barangsiapa melapangkan kesempitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melapangkan baginya kesusahan di hari kiamat, dan barang siapa memudahkan kesukaran seseorang, maka Allah akan memudahkan baginya di dunia dan akhirat." (HR Muslim)

Ayo, sisihkan rezekimu untuk menolong keluarga Pak Rasiman di laman aksi ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang