back
home
Banner Detail
Mari Selamatkan Petani Kampung Serdang dari Gagal Panen!
Banner Content

Terkumpul

Rp2,111,000

dariRp15,000,000

41

Dermawan

26

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Bogor Timur
Marker Primary 
Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor
 
|
 
Dibuat 07 Jun 2021
Banyak petani di Kampung Serdang, Cariu, Kabupaten Bogor yang mengalami gagal panen karena kesulitan air dan adanya hama wereng. Yuk kita bantu selamatkan mereka!
Assalamualaykum Sahabat, pada kesempatan kali ini izinkan kami menyampaikan cerita dari para petani di Kampung Serdang, Cariu, Kabupaten Bogor, yang harus mengalami gagal panen akibat kesulitan air dan hama wereng.

Para petani terpaksa harus gigit jari karena tidak dapat panen pada kesempatan kali ini. Belum cukup sampai pada kegagalan panen kali ini, musim kemarau yang akan tiba beberapa waktu lagi pun menjadi permasalahan baru bagi meraka.

Kegagalan panen ini terjadi karena para petani tidak dapat melakukan irigasi air dari sungai yang ada di sekitaran lahan tani mereka. Selain jaraknya yang cukup jauh hingga lebih dari 100 m, mereka juga tidak memiliki alat sedot air untuk mengalirkan air dari sungai sampai lahan sawah mereka.

16c33694e54fa5ab7c4e17a152f56cb3.jpg

Jadi tak heran, jika banyak dari para petani yang gagal panen sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi mereka. Selain karena permasalahan air, para petani menceritakan masalah lainnya adalah adanya hama wereng yang biasa menghisap cairan pada tumbuhan.

Khususnya tanaman padi, ketika cuaca buruk hama wereng akan semakin marak ditemukan, sehingga para petani didaerah ini juga memerlukan supply obat pembasmi hama yang memadai. Hal lain yang juga menjadi masalah adalah kurangnya pupuk bagi para petani, para petani kesulitan untuk mendapatkan pupuk yang murah dan juga bagus.

2faa35af279310e2901a5528b67062ca.jpg

Kondisi terkini, para petani hanya bisa memanfaatkan sumber air yang lokasinya cukup jauh dari sawah, dan akan mengalami kekeringan jika memasuki musim kemarau. Selain itu hama wereng masih terus ada sampai petani kewalahan untuk mengatasinya.

Melihat kondisi ini, tim Aksi Cepat Tanggap Bogor Timur beikhtiar untuk memberikan alat pompa air dan obat/alat untuk membasmi hama wereng, serta bibit dan pupuk yang bagus.
Maukah Sahabat Dermawan turut membersamai rencana ini?

"Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain." (Hadits Muslim, Abu Daud Dan Tirmidzi).

8b0ff13d574da3e2fa6fd1ec8dbf31c0.jpg

Sahabat Dermawan, mari kita bersama menyelamatkan petani-petani di Kampung Serdang, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor dari gagal panen yang setiap musim panen selalu dirasakan. Insya Allah bantuan dari sahabat akan sangat berarti bagi mereka.

Yuk bersama kita sampaikan kepedulian dan bantuan terbaik kita untuk petani Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, melalui laman aksi ini!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bantu Perbaiki Rumah Pak Muhadi yang Rusak Karena Banjir
Icon Image

ACT Jakarta Pusat

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 2,056,286

26

Rp2,111,000

Terkumpul dari Rp15,000,000