Hanya Berdinding Gribig, Rumah Pemulung Brebes Ludes Terbakar

Rumahnya yang hanya terbuat dari gribig atau anyaman bambu kini telah rata dengan tanah akibat musibah kebakaran yang ia alami. Sahabat, mari beri bantuan untuk Pak Samsudin dan keluarganya dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Hanya Berdinding Gribig, Rumah Pemulung Brebes Ludes Terbakar

Target

0 0

0%
0 139 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Hanya Berdinding Gribig, Rumah Pemulung Brebes Ludes Terbakar

Update : 11 Jun, 2021


Assalamualaikum Sahabat, pada kesempatan kali ini, izinkan kami menyampaikan sebuah berita duka dari bapak Syamsudin.

7e382f3b25870d60ebcd35c3d9378bc8.jpg

Pak Samsudin adalah sosok ayah tangguh yang kesehariannya bekerja sebagai pemungut sampah ditiap rumah warga. Hidup sederhana bersama istri dan kedua anaknya yang masih duduk dibanggu SMP dan SD. Rumah yang terletak di Desa Pakijangan RT.01/RW.01, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes berdiri sejak puluhan tahun dengan dinding gribig atau anyaman bambu dan belum pernah mendapat renovasi.

66d2fccc000194c5b1e081a229bfe10c.jpg

Rumahnya jauh dari kata layak, terletak diantara pemakaman dan kandang bebek. Sepanjang hari bau busuk bebek menyeruak hidung, apalagi kalau malam hanya ada pencahaan minim menambah seram suasananya. Kamis (10/6) kami tim ACT Tegal dibantu MRI Tegal dan Brebes membantu mendirikan tenda sementara untuk Pak Samsudin dan keluarga beristirahat sembari memilah barang kali ada barang yang masih bisa digunakan.

aaa732506b2979395aa3597c424400b0.jpg

YaAllahhhh, buku sekolah anak-anakku ludes,” isak tangis Pak Samsudin. Selasa (8/6) dinihari lalu, api menyambar rumahnya sangat cepat disebabkan oleh dinding yang hanya terbuat dari gribig atau anyaman bambu. Awalnya Samsudin dan istri sempat keluar rumah berusaha memadamkan api, tetapi api terlalu cepat menyambar. Untungnya tak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai 60 juta rupiah.

Pascakebakaran, Pak Samsudin dan keluarga terpaksa menumpang di rumah tetangganya untuk sekedar tidur. Kebutuhan yang sangat mereka butuhkan saat ini adalah makanan siap santap, pakaian, perlengkapan kebersihan, serta material untuk membangun kembali rumah yang sudah rata dengan tanah.

06c2da542a519e56d181f52a9eb76f9c.jpg

Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang berjalan dalam rangka membantu kebutuhan saudaranya yang muslim baik kebutuhan/hajatnyass terlaksana maupun tidak terlaksana maka Allah mengampuni dosa-dosa yang terdahulu maupun yang akan datang, dan Allah mencatat baginya dua pembebasan, yaitu pembebasan dari neraka dan pembebasan dari nifaq”.

de26d0745abfb1f528eb380f096f50d4.jpg


Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Tegal akan menyalurkan bantuan pokok berupa sandang dan pangan. Selanjutnya insyaallah kami juga akan memberikan bantuan material untuk membangun kembali rumah keluarga Pak Samsudin.

Sahabat, yuk bersama ringankan duka saudara! Insya Allah berapapun nominalnya bisa membawa keberkahan untuk keluarga Pak Samsudin dan sahabat sekalian.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang