Bantu Defan, 7 Tahun Mengalami Gizi Buruk, Namun Belum Pernah Dirawat

Stunting yang dialami Defan membuatnya tidak bisa beraktifitas layaknya anak-anak yang lain. Ayo, bantu Defan sembuh dari penyakit yang dideritanya!

Simpan

Bantu Defan, 7 Tahun Mengalami Gizi Buruk, Namun Belum Pernah Dirawat

Target

0 0

0%
0 61 hari tersisa

Bantu Defan, 7 Tahun Mengalami Gizi Buruk, Namun Belum Pernah Dirawat

Update : 10 Jun, 2021


Defan adalah seorang anak yang saat ini berusia 7 tahun. Putra semata wayang Bu Reni tersebut diduga mengalami stunting. Saat ini Reni baru bisa mengatakan bahwa Defan diduga mengalami stunting, karena belum memiliki biaya untuk membawa Defan berobat dan dirawat di rumah sakit. Semenjak balita, Defan tumbuh dengan kondisi perut membesar, dada cekung, dan tidak dapat berbicara. Karena keterbatasannya tersebut, Defan tidak dapat duduk dan mengunyah makanan sendiri. Dalam kesehariannya, apabila butuh sesuatu atau ingin menyampaikan sesuatu, maka Defan akan merengek untuk menyampaikan maksudnya. Hanya Reni dan ibunya lah yang memahami apa maksud dari rengekan Defan tersebut. Saat ini Reni terpaksa hanya bisa mengobati Defan dengan pengobatan alternatif kepada "orang pintar."

f2a6c4be30d8b58ddde7248ae671bdc6.jpg

Semenjak ditinggalkan suaminya, Reni menjadi seorang janda yang merawat dan membesarkan Defan sendirian. Reni hanyalah seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari mengurus rumah dan merawat anak kesayangannya ini. Bisa kita bayangkan bagaimana perasaan dan kesedihan Reni yang mengasuh buah hatinya sendirian. Karena keadaan Defan yang tidak bisa ditinggal sendirian membuat Reni kesulitan untuk bekerja. Beruntung Reni masih mempunyai kedua orang tua tempat beliau mencurahkan keluh kesahnya. Tak jarang ayah dan ibu Reni juga membantu mereka.

93cf3c97f5d9441e42cbf098332179bd.jpg

Untuk mencukupi kebutuhan keluarga mereka, orang tua Reni bekerja sebagai buruh harian yang tak jarang juga harus menganggur karena sulitnya pekerjaan di masa pandemi ini. Sementara kedua orang tua Reni sudah lansia, sudah tidak kuat untuk bekerja berat. Sehingga terkadang mereka harus rela meminta bantuan tetangga.

Giziburuk yang dialami Defan membuatnya tidak mampu berdiri, tidak mampu duduk sendiri, tidak dapat bicara, dan kesulitan mengunyah makanan. Kebutuhan yang paling mendesak saat ini adalah biaya untuk pengobatan dan modal usaha bagi keluarga Defan, agar memiliki sumber penghasilan.

Dari Adi bin Hatim Radhiyallahu'anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu 'Alayhi Wasallam menyebutkan tentang neraka, maka wajah beliau berubah, lalu beliau beristighfar sebanyak tiga kali, lalu beliau bersabda: "Jaga lah diri kalian dari neraka, walaupun hanya bersedekah dengan setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkan lah perkataan yang baik.” (HR An-Nasa’i, At Tirmidzi dan Ahmad).

e59bbf810e77fd72c5196225cf5e7eaf.jpg

InsyaAllah ACT Pasaman Barat akan memberikan bantuan biaya pengobatan dan modal usaha bagi keluarga Defan. Jika bantuan mencukupi, insyaallah juga akan dilengkapi dengan bantuan penunjang fasilitas keseharian Defan.

Sahabat, masih banyak saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita, salah satunya adalah keluarga Defan. Hidup dengan keadaan ekonomi yang sulit, juga Allah titipkan seorang anak yang menderita stunting. Mari kita ringankan beban mereka, mari sampaikan kepedulian kita dengan berdonasi melalui laman ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang