Maluku Diguncang Gempa, Ribuan Pengungsi Butuh Bantuanmu!

Gempa berkekuatan M 6,1 mengguncang Maluku Tengah, ribuan orang mengungsi akibat potensi tsunami. Ayo bantu mereka di tengah kesulitan!

Simpan

Maluku Diguncang Gempa, Ribuan Pengungsi Butuh Bantuanmu!

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi

Maluku Diguncang Gempa, Ribuan Pengungsi Butuh Bantuanmu!

Update : 29 Jun, 2021


Innalillahi wa inna ilayhi rojiun

Gempa bumi tektonik sekuat M 6,1 mengguncang Maluku Tengah pada Rabu (16/Juni). Berdasarkan informasi BMKG, titik pusat gempa berada pada lokasi 7 kilometer Timur Tehoru-Maluku Tengah. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dan dirasakan di Tehoru, Masohi, Bula, Kairatu, bahkan hingga ke Ambon. Tidak hanya satu kali, dilaporkan terdapat 13 kali gempa susulan terjadi setelah gempa besar. Bahkan, sempat terjadi tsunami kecil akibat gempa tersebut.

52dece6019ce596c0608a0da1b87a43a.jpg
Dok. Warga

Berdasarkan informasi Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), dilaporkan di Desa Yaputi, Kabupaten Maluku Tengah telah terjadi kerusakan pada dinding penahan pantai, dan air laut sempat terlihat surut. Sementara di Desa Saunolu terdapat beberapa kerusakan pada pemukiman masyarakat, dan di Desa Mahu terdapat patahan-patahan. Mohon doakan semoga ujian ini segera berlalu dan tidak terjadi bencana yang besar.

Kondisi terkini menurut laporan warga desa Yaputi kepada Tim ACT Maluku, ada sekitar 2081 jiwa mengungsi di dataran tinggi, menyusul peringatan BMKG tentang adanya potensi tsunami. Ada pengungsi yang mengalami cedera akibat tertimpah reruntuhan rumah, banyak pula diantara mereka yang juga dalam kondisi amat lelah.

9079930da706a1557c3b32bcc11e6c7a.jpg

Meski sudah melakukan evakuasi ke dataran tinggi, para pengungsi amat membutuhkan bahan pangan, tenda, tikar, selimut, kebutuhan bayi, kebutuhan lansia dan beragam kebutuhan sehari-hari lainnya. Sedih, melihat sebagian pengungsi saat ini tidur di atas rerumputan tanpa tikar.

34c61c10d7d9b56825fd18fcf67168a2.jpg

Insyah Allah, tim Aksi Cepat Tanggap Maluku akan membantu kebutuhan mereka mulai dari pangan, terpal (untuk tenda sementara), selimut, tikar dan kebutuhan bayi serta lansia di tenda pengungsian. Namun, kami juga butuh doa dan dukunganmu, sahabat!

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat."
(HR. Muslim)

3c5bcf9c35334f3c48bf74e200347e83.jpg

Sahabat, maukah kamu memudahkan urusan saudara-saudara kita yang tengah diuji dengan bencana alam? Mari wujudkan solidaritas, ulurkan tangan dan kirimkan bantuan terbaikmu untuk penyintas gempa Maluku dengan sedekah terbaikmu. Bismillah.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

#Perbaharui 12 Jul, 2021
Pascagempa Rabu (16/6/2021) lalu, hingga kini masih banyak warga Maluku Tengah yang bertahan di pengungsian. Kondisi kesehatan mereka terancam.

Tidak ada hasil ditemukan