Bantu Lansia dan Veteran Prasejahtera Hidup Layak Bersama KLIBSA

Jangan biarkan lansia dan veteran prasejahtera di negeri ini menghabiskan masa tua dalam belenggu keterbatasan. Bantu mereka mandiri dan tetap kuat berkarya, bersama ACT dan KLIBSA!

Simpan

Bantu Lansia dan Veteran Prasejahtera Hidup Layak Bersama KLIBSA

Target

0 0

0%
0 92 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Lansia dan Veteran Prasejahtera Hidup Layak Bersama KLIBSA

Update : 25 Jun, 2021


Rasulullah ﷺ bersabda:
"Jibril memerintahkan aku untuk mengutamakan orang-orang tua." (HR Ahmad)

Ya, Sahabat, Nabi Muhammad ﷺ merupakan sosok yang sangat berbudi luhur kepada para lansia. Beliau ﷺ selalu memprioritaskan para orang lanjut usia dalam berbagai keadaan, seperti mengambil makan dan minum, memulai pembicaraan, ketika berjalan bersama-sama, dan dalam aktivitas sehari-hari lainnya. Menghormati orang yang usianya jauh lebih tua dari kita adalah kewajiban umat Islam. Tak hanya orang tua atau keluarga kandung saja, tetapi juga kerabat, tetangga, atau siapapun yang bahkan tak kita kenal.

16c0fde20a1c535119b62e6ae281bf13.jpg

Indonesia sebagai bangsa yang mengedepankan budaya ketimuran, yang menjunjung tinggi nilai dan norma kesopanan, juga sepakat pada konsep ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu berbuat baik kepada orang yang lebih tua di mana pun berada.

ef68541e8597ea0f8f9f49dc99e728a0.jpg

Lalu, bagaimana keadaan para lansia di Indonesia? Adakah data dan fakta yang menjelaskan tentang kondisi kaum wreda di tanah air?

Berdasarkan data yang dikumpulkan Komunitas Lansia Indonesia Bahagia, Bugar, Sehat, dan Aktif (KLIBSA) inisiasi Bu Sylvia Djardjis, pada tahun 2019 jumlah lansia sebesar 9.27% atau 25,9 juta jiwa dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Jika melihat secara global, Indonesia berkontribusi secara signifikan terhadap pesatnya pertumbuhan lansia di dunia.

2f2ece991ecebffb01720306c14e1aac.jpg

Negeri ini juga diperkirakan akan mengalami "elderly population boom" pada 2 dekade awal abad ke-21 sebagai dampak dari baby boom pada beberapa puluh tahun yang lalu. BPS memproyeksikan pada tahun 2045 Indonesia akan memiliki sekitar 63,31 juta lansia atau hampir mencapai 20 persen populasi. Bahkan, proyeksi PBB juga menyebutkan bahwa persentase lansia Indonesia akan mencapai 25 persen pada tahun 2050 atau sekitar 74 juta lansia.

Apa dampak meningkatnya populasi lansia?

Rasio ketergantungan lansia terhadap penduduk produktif pun akan meningkat. Jika tidak segera ditanggulangi, hal ini akan berdampak pada ketimpangan sosial ekonomi, dengan sedikitnya lapangan pekerjaan dan banyaknya pengangguran sedangkan nilai kebutuhan semakin meningkat.

644299643c697250b53baa383c2dc7a4.jpg

Untuk itu, KLIBSA dan Bu Sylvia Djardjis bersama Aksi Cepat Tanggap berupaya menggerakkan aksi memuliakan hidup para lansia prasejahtera dan veteran agar hidup lebih layak. Aksi ini tak hanya menyampaikan bantuan yang sifatnya habis pakai dalam jangka pendek seperti kebutuhan pokok, tetapi juga bantuan yang lebih memandirikan; seperti modal usaha beserta pendampingan UMKM. Dengan demikian, para manula pun bisa tetap aktif dan berdaya di hari tuanya.

2e557f6253a5ae3835db14529610c4c7.jpg

Yuk, ikut serta muliakan para lansia prasejahtera dan veteran perang yang terabaikan dengan kepedulian kita, bersama KLIBSA dan Bu Sylvia Djardjis bersama Aksi Cepat Tanggap! Sampaikan sedekah terbaikmu melalui laman aksi ini.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang