Makan Daging Setahun Sekali, Bantu Sedekah Daging untuk Dusun Klepu

Sahabat, mari bantu warga Dusun Klepu untuk merasakan lezatnya santapan daging dengan sedekah daging terbaikmu!

Simpan

Makan Daging Setahun Sekali, Bantu Sedekah Daging untuk Dusun Klepu

Target

0 0

0%
0 61 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Makan Daging Setahun Sekali, Bantu Sedekah Daging untuk Dusun Klepu

Update : 24 Jun, 2021


Assalamu'alaykum, Sahabat Dermawan!

Kapan terakhir kali kamu makan daging? Apakah baru-baru ini?
Wah, betapa kita harus banyak-banyak bersyukur karena bisa makan daging kapanpun kita mau.

Tahukan kamu, bahwa ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang tidak pernah makan daging kecuali setahun sekali. Salah satunya adalah yang dialami warga Dusun Klepu di daeran Kulon Progo.

f943de5cd33cd3c3930c3666bd5590aa.jpg

Pak Paiman merupakan warga asli Dusun Klepu, ia telah tinggal di sana selama lebih dari 60 tahun. Ia dan keluarganya hanya bisa mencicipi daging setahun sekali, yang didapat dari hasil patungan bersama warga desa selama 3 tahun. Daging yang didapat pun tidak banyak, hanya berkisar 7 ons per kepala keluarga.

“Biasanya dapat 7 ons per keluarga, ya cuma bisa buat sekali makan, tapi gapapa sudah bersyukur bisa cicip daging hehe”, tutur Pak Paiman sembari tertawa.

Daging merupakan santapan mewah untuk warga Dusun Klepu. Sebagian warganya tergolong prasejahtera, bekerja sebagai buruh tani dan pencari rumput. Rata-rata penghasilan warga berkisar 300 ribu per bulan. Dusun Klepu sendiri terletak di pelosok-dataran atas Kulon Progo, jalan menuju ke dusun tersebut berkelok-kelok dan menanjak.

e476c39ca127a5242e5651deee1e376e.jpg

Demi merasakan gurihnya rasa daging, Pak Paiman bersama warga desanya mengadakan patungan. Patungan diadakan selama 3 tahun, setiap 1 tahun sekali uang hasil patungan tersebut dibelikan 2 ekor kambing yang akan dibagian untuk 117 kepala keluarga. Patungan diadakan setiap malam jumat sebanyak 5 ribu rupiah per keluarga. Rata-rata setiap keluarga mendapatkan 7 ons daging. Tak seberapa, namun setidaknya dapat mengobati rasa rindu mencicipi lezatnya rasa daging.

Warga Dusun Klepu hanya dapat menikmati daging setiap 1 tahun sekali. Dengan rata-rata daging yang didapat hanya berkisar 7 ons per kepala keluarga, tentunya tak dapat memenuhi gizi para warga. Sebagian besar hanya cukup untuk satu sampai tiga kali makan per keluarga, itu pun dengan porsi yang sedikit.

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” (QS. At-Talaq; 7)

63b8ee34331d4047f5003c7d6b37b086.jpg

Insya Allah tim ACT Kulon Progo akan mengikhtiarkan untuk membuka dapur umum untuk memasak santapan daging di Dusun Klepu, agar warga bersama-sama merasakan gurihnya daging serta dapat menjalin silaturrahim. Selain itu akan dibagikan pula daging mentah yang harapannya dapat membantu memenuhi gizi warga.

Sahabat, mari bantu warga Dusun Klepu untuk merasakan lezatnya santapan daging dengan sedekah daging terbaikmu!

Bantuan melalui donasi tertulusmu akan sangat dinantikan oleh saudara-saudara kita di Dusun Klepu, mari ikhtiarkan bersama untuk warga Dusun Klepu menikmati gurihnya daging.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang