Rumah Rata Akibat Longsor, Bantu Mbah Miselan Bangun Kembali Rumahnya

Rumah mbah Miselan harus rata dengan tanah akibat longsor yang terjadi di Dusun Munggur Desa Nglurup Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Yuk bantu mbah Miselan bangun kembali rumahnya!

Simpan

Rumah Rata Akibat Longsor, Bantu Mbah Miselan Bangun Kembali Rumahnya

Target

0 0

0%
0 10 hari tersisa

Rumah Rata Akibat Longsor, Bantu Mbah Miselan Bangun Kembali Rumahnya

Update : 30 Aug, 2021


Bagaimana rasanya hidup dihantui ketakutan akan tanah longsor yang bisa kapan saja menimbun rumah kita?

Sahabat, perasaan inilah yang harus dirasakan oleh mbah Miselan. Hampir sepanjang hidupnya dihantui bayang-bayang tanah longsor yang bisa kapan saja menimpa rumahnya. Kakek berusia 80 tahun ini, bahkan sudah paham betul kalau lokasi rumahnya berada di daerah rawan longsor.

b1d8d0b7b41c670c9ebfa309781d47a4.jpg

Dan akhirnya peristiwa itupun terjadi. Saat itu hujan turun sejak sore hari, pak Karli (anak mbah Miselan) mengingatkan keluarganya untuk berada di teras rumah, karena khawatir akan terjadi longsor.

Benar saja, dini hari, tepatnya pukul 01.00 WIB, air sudah memenuhi rumah mbah Miselan. Akhirnya pak Karli membuat saluran air, agar aliran air dapat beralih dan tidak mengalir ke rumah mbah Miselan. Namun tak lama terjadi pergerakan tanah yang cukup hebat hingga membuat rumahnya runtuh.

Sontak, hal ini membuat mereka semua berlari. Namun, istri pak Karli harus kejatuhan reruntuhan, hingga membuat lututnya terluka. Karena peristiwa ini, mbah Miselan sekeluarga memutuskan untuk mengungsi dan tidur di masjid yang tak jauh dari rumahnya.

c910a81746fa4bd188dc02737c72c676.jpg

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tulungagung saat itu, memang menyebabkan longsor di beberapa wilayah. Dari sekian banyaknya korban, rumah Mbah Miselan adalah yang paling parah terkena dampaknya, karena terletak di lereng gunung Wilis, Dusun Munggur, Desa Nglurup.

Sahabat, mbah Miselan sudah menghabiskan seluruh hidupnya untuk tinggal di rumah ini, meskipun berada di daerah rawan longsor, tetapi beliau tetap bersyukur karena masih memiliki tempat tinggal untuk bernaung dan beribadah.

“Orang lahir dulu itu tidak membawa apa-apa kok Mbak, jadi kalau memang sekarang harta saya diambil, ya itu memang milik Allah dan saya hanya dititipkan”, ungkap mbah Miselan kepada tim Aksi Cepat Tanggap Kediri.

00515635f76cdcff43dd14b5309d8af0.jpg

Sehari-hari mbah Miselan mencari rumput gajah untuk dijual. Meski tubuhnya sudah renta, tetapi tak lantas membuat mbah Miselan diam sana, ia tetap berusaha menggendong rumput-rumput itu demi menghidupi keluarganya.

Saat ini, anak mbah Miselan (pak Karli) pun bernasib tak jauh berbeda dengan beliau. Rumahnya juga harus hancur dan rata dengan tanah tertimpa longsor. Kini mereka sekeluarga hanya bisa memandangi rumahnya yang sudah ambruk total.

0bbf7446c166156965a34bc47d93c501.jpg

Melihat kondisi ini, tim ACT Kediri berikhtiar untuk melakukan renovasi rumah atau pembangunan hunian layak, untuk Mbah Miselan. Maukah kamu turut membantu terwujudnya niat ini?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR Muslim)

b3a55862eae75825e1ec2d9342077392.jpg

Sahabat, yuk kita bantu mbah Miselan untuk kembali membangun rumahnya!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang