Tidak Ada Sumber Air, Warga Desa Sri Rahayu Berjalan 2km untuk Mencari Air

Jika musim kemarau tiba, warga Desa Sri Rahayu harus rela berbondong-bondong menuju sungai Citepus untuk mengambil air, atau mereka terpaksa harus membeli. Ringankan beban, yu bangun Sumur Wakaf!

Simpan

Tidak Ada Sumber Air, Warga Desa Sri Rahayu Berjalan 2km untuk Mencari Air

Target

0 0

0%
0 122 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Tidak Ada Sumber Air, Warga Desa Sri Rahayu Berjalan 2km untuk Mencari Air


Desa Sri Rahayu merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Letaknya yang jauh dari pusat keramaian membuat kondisi kekurangan air warga desa tidak banyak tersebar luas. Sumber air yang pada saat ini dipakai oleh warga desa Sri Rahayu berjarak lebih dari 2 kilometer, melalui bukit dan pesawahan sumber air tersebut kini telah terjual oleh pemiliknya kepada salah satu pengembang perumahan di wilayah desa Sri Rahayu.

2625306ef1d6a9174bca78537fe80bcb.jpg

Kondisi MCK yang ada pada saat ini sudah sangat memprihatinkan, atap sudah hancur ditambah air yang tidak mengalir lancAr membuat MCK yang ada hancur dimakan waktu. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu para warga yang tidak memiliki MCK pribadi.

Bapak guru Tasdik, salah satu warga yang sudah lebih dari 30 tahun mengabdi disalah satu SD di Desa Sri Rahayu menjadi saksi hidup bagaimana susahnya warga setempat berjuang untuk mendapatkan akses air bersih layak konsumsi. Pak Tasdik harus secara bergantian dengan warga lain agar mendapat giliran memperoleh air bersih pada malam hari, karena saat ini pada siang harinya air yang sudah terjual ini dipergunakan oleh pengembang untuk pembangunan perumahan disekitar desa.

9f79ea6962ec1de4dacef86de3cb3a15.jpg

Warga harus berjalan sejauh 2 kilometer untuk mendapatkan air bersih di bukit. Fasilitas MCK yang ada pun tidak ada air dan kondisinya sudah rusak. Masyarakat sangat membutuhkan sumber air yang dekat dengan rumah agar tidak harus berjalan ke bukit malam-malam. serta MCK yang sudah ada diperbaiki agar bisa digunakan oleh masyarakat banyak.

4f1eb61a5b3d60a88b88a234debabcbb.jpg

"Wahai Rasulullah, sungguh ibuku telah meninggal dunia, apakah boleh aku bersedekah atas namanya?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Iya, boleh.” Sa’ad bertanya lagi, “Lalu sedekah apa yang paling afdal?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Memberi minum air." (HR. An-Nasai, no. 3694 dan 3695. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya).

b4f010bbce8dbf19539f9be2cedd4a94.jpg

Insyaa Allah, tim ACT Bandung berikhtiar untuk membuat sebuah sumur bor dalam yang dapat mengalirkan air setiap harinya bagi warga Desa Sri Rahayu. Untuk fasilitas sanitasi, MCK yang sudah ada dan kondisinya rusak akan diperbaiki sehingga warga dapat menggunakannya dengan nyaman. Mari Sahabat Dermawan, kita bangun Sumur Wakaf yang insyaalllah akan meringankan beban warga Desa Sri Rahayu.

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang