Mari Bersama Bangun Rumah Qur'an di Pelosok Negeri Sumatera Barat

Keinginannya untuk mengajar mengaji anak-anak di dusunnya sangat kuat, meski di tengah segala keterbatasan. Yuk, bantu Bu Devi sediakan sarana belajar yang baik di rumahnya!

Simpan

Mari Bersama Bangun Rumah Qur'an di Pelosok Negeri Sumatera Barat

Target

0 0

0%
0 158 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Mari Bersama Bangun Rumah Qur'an di Pelosok Negeri Sumatera Barat


"Ini merupakan panggilan hati, karna miris melihat dari anak-anak sampai dewasa dikampung ini bacaan shalat dan membaca Al-Quran saja tidak bisa," ujar Bu Devi.

Bu Devi ialah salah satu warga di dusun Korong Talao Mundam, perbatasan kota Padang dengan kabupaten Padang Pariaman. Di Talao Mundam terdapat lebih dari 100 KK dan 150an anak-anak yang butuh pendidikan rohani, keterbutuhan inilah yang membuat Bu Devi ingin mendirikan Rumah Quran Raasyida.

9992b616120740a35e42b136f84e14f4.jpg

Rata-rata masyarakat Dusun Talao Mundam bekerja sebagai petani dan buruh harian, ekonomi mereka berada pada ekonomi menengah kebawah, sehari-hari anak-anak disana ikut membantu orangtuanya bekerja, dari kecil mereka sudah memikirkan bagaimana mencari uang sehingga untuk pendidikan sekolah apalagi rohani mereka terabaikan. Bu Devi menjadikan rumah semi permanennya menjadi tempat mendidik anak-anak disana, dengan fasilitas seadanya, ia tetap semangat mengajarkan anak-anak disana membaca Al-Qur’an, bagaimana cara shalat, dan menanamkan ketauhidan kepada mereka.

d04cff944dddddd7e924efa592629ad9.jpg

Saat mendirikan Rumah Qur’an ini, berat tantangan dan cobaan yang dihadapi oleh beliau, mulai diuji dengan meninggalnya anak bungsu beliau, sampai penentangan dari beberapa warga sekitar dikarenakan Bu Devi dianggap tidak layak sebagai guru ngaji. Walaupun disaat awal pendiriannya ditentang, mulai dari hanya 3 orang anak, saat ini murid Rumah Qur’an Raasyida sudah mendidik 34 anak, dikarenakan ruangan dan fasilitas mengajar yang terbatas Bu Devi membagi jadwal mengajarnya menjadi siang dan malam, supaya semua anak-anak belajar dengan baik, lebih nyaman dan tidak kepanasan karna ruangan yang pengap.

a2d5cc52e251b001a961fa061841d550.jpg

Sehari-hari suami Bu Devi bekerja sebagai pengambil buah kelapa dari pohonnya, menggunakan tenaga monyet, dengan penghasilan tidak seberapa. Dalam kelasnya, Bu Devi tetap menggratiskan biaya daftar dan hanya memungut 25 ribu/anak setiap bulannya.

"Itupun kalau ada, kalau tidak ada, ya tidak masalah, yang masalah kalau tidak mengaji," ujar Bu Devi.

bb1781e9db6627c17bb01aa49551959b.jpg

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh," (HR. Muslim no. 1631)

Sahabat, ayo bantu bangun Rumah Qur’an yang layak bagi saudara-saudara kita Dusun Talao Mundam. Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Padang Sumatera Barat akan berikhtiar membantu renovasi rumah, yang ada saat ini agar lebih layak dan nyaman dan memberikan Mushaf Al Qur'an bagi adik-adik dalam menghafal Al Qur'an.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang