Minim Penghasilan, Bantu Para Tukang Becak Pasuruan di Masa PPKM Darurat

Pembatasan kegiatan berarti tak ada pemasukan bagi paratukang becak yang biasa mangkal di Masjid Jamik Al-Anwar Pasuruan ini. Sahabat, mari ringankan beban dan antar paket pangan bagi para pejuang nafkah harian ini!

Simpan

Minim Penghasilan, Bantu Para Tukang Becak Pasuruan di Masa PPKM Darurat

Target

0 0

0%
0 158 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Minim Penghasilan, Bantu Para Tukang Becak Pasuruan di Masa PPKM Darurat


"Jangan tanya sekarang dapat berapa? Pulang kadang tidak bawa uang sama sekali karena bagaimana lagi tidak ada orang ziarah," ujarnya.

Sempat menghela napas gembira karena pendapatan perlahan pulih, kini pendapatan tukang becak wisata Kota Pasuruan kembali anjlok. Hal itu setelah Pemerintah Kota Pasuruan juga menerapkan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Imbasnya tidak ada lagi wisatawan ziarah yang datang. Wajah-wajah susah terlihat dari deretan pengayuh becak wisata Kota Pasuruan, yang biasa mangkal di depan Masjid Jamik Al-Anwar.

b9610a16af1c54f50ffe35076bad39b0.jpg

Sejak beberapa hari terakhir keramaian di sekitar Alun-alun Kota Pasuruan jauh berkurang. Hanya warga lokal Kota Pasuruan yang beribadah ataupun berziarah. Sedangkan warga luar Kota Pasuruan hampir tidak ada. Akhirnya penarik becak wisata pun kesulitan mendapat penghasilan. Bahkan, sampai ada yang menjual becak untuk makan.

Rohman, salah satu pengayuh becak mengungkapkan, sebelum pandemi Covid-19 penghasilannya sehari bisa mencapai ratusan ribu. Namun, sejak Covid datang penghasilannya kian tidak menentu. Bahkan, di saat PPKM darurat ia sering pulang dengan tangan kosong.

4601c565664ffbb9bd1f4dcef1cb3ae5.jpg

Dari pantauan di lapangan sejak diberlakukan PPKM darurat beberapa hari belakangan, kondisi Kota Pasuruan memang sepi. Kawasan alun-alun yang biasanya menjadi titik keramaian tampak sangat sepi. Hanya warga lokal Kota Pasuruan yang beribadah ataupun berziarah. Sedangkan warga luar Kota Pasuruan hampir tidak ada. Akhirnya penarik becak wisata pun kesulitan mendapat penghasilan. Bahkan, sampai ada yang menjual becak untuk makan.

"Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya." (HR. Muslim).

66be66abb91b4000f8a8ea2814d95d45.jpg

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Pasuruan tergerak untuk membantu para tukang becak di sekitar Alun-alun Pasuruan dengan bantuan sembako serta santunan untuk mencukupi kebutuhan mereka sebagai pencari nafkah.

Mari ringankan beban saudara kita yang terdampak pandemi. Insya Allah ACT Pasuruan akan berupaya untuk membantu para tukang becak terdampak pandemi dan kondisi PPKM. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang