back
home
Banner Detail
Hadirkan Sumur Wakaf Pertama Untuk Ribuan Jiwa di Berbagai Pelosok Yogyakarta
Banner Content

Terkumpul

Rp5,540,948

dariRp25,000,000

34

Dermawan

93

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Yogyakarta
Marker Primary 
Daerah Istimewa Yogyakarta
 
|
 
Dibuat 29 Jul 2021
Tahun ini, beberapa Desa sejak bulan April sudah mengalami kekurangan air bersih karena tidak adanya air hujan yang turun di beberapa Desa di Gunungkidul. Mari bersama bantu saudara di Dusun Girisubo untuk mewujudkan Sumur Pertama di dusunnya.
Hadirkan Sumur Wakaf Pertama Untuk Ribuan Jiwa di Girisubo, Gunungkidul

Salah satu kecamatan yang paling terdampak musim kemarau di wilayah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kecamatan Girisubo, yang terletak di bagian selatan wilayah Gunungkidul. Walau beberapa desa sudah terpasang pipa-pipa PDAM, namun masih ada beberapa desa yang belum teraliri air. Akibatnya, masyarakat sekitar hanya mengandalkan air bersih dari tampungan air tadah hujan.

03e2093afd216fecbac40de1caee56ea.jpg

Warga di Dusun Wotawati, dan Dusun Ngreyung yang terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo setiap menjelang musim kemarau hingga musim kemarau usai selalu mengalami kesulitan air bersih. Hal ini disebabkan bak penampungan mereka hanya bisa bertahan 2 pekan setelah air hujan tak turun. Tak hanya itu, sumber air lainnya yang bisa di dapat jaraknya sangat jauh, lebih dari 5km dari Dusun mereka dan jalannyapun menanjak. Akibatnya warga hanya bisa mengandalkan dari bantuan dan membeli air dari truk tangki air bersih.

a379ba01ed8f09016673f2d047b4ab8a.jpg

Pak Tujiran selaku tokoh masyarakat menuturkan, setiap bulan, 1 KK bisa menghabiskan 2-5 tangki, dengan harga pembelian pertangkinya Rp 150.000-200.000 per tangki. Padahal mayoritas warga disana hanya berprofesi sebagai petani yang memiliki penghasilan tak menentu. Uang yang mereka kumpulkan lebih dari separuhnya digunakan untuk kebutuhan air bersih. Bahkan warga harus menjual ternak kambingnya yang tidak banyak untuk membeli air bersih.

"Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya," [QS Al-Mukminun : 18]

c68423fa978e16e825f42a39ab3ad61c.jpg

Insya Allah dengan pembangunan Sumur Wakaf di Dusun Wotawati ini, bisa menyelesaikan permasalahan kesulitan air bersih di 2 Dusun dengan lebih dari 1000 jiwa yang merasakan manfaat dan kebaikan dari Sumur Wakaf yang kita bangun.

Sahabat, mari ikut membantu pembangunan Sumur Wakaf untuk saudara kita di berbagai wilayah di pelosok Yogyakarta. Harapannya, tidak ada lagi warga yang kekurangan air ketika musim kemarau tiba. Insya Allah amal jariyahmu akan terus mengalir, menjadi solusi atas permasalahan saudara kita disana.

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email
Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia
Icon Image

Global Wakaf

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 1,208,205,242

127

Rp5,540,948

Terkumpul dari Rp25,000,000