Perahu Motor untuk Warga Pedalaman, Dusun Sri Pengantin, Kab. Musi Rawas

Perahu kemanusiaan menjadi harapan baru bagi masyarakat, tenaga kesehatan, serta para guru di sana untuk dapat membantu masyarakat dusun Sri Pengantin mendapatkan akses transportasi yang lebih baik.

Simpan

Perahu Motor untuk Warga Pedalaman, Dusun Sri Pengantin, Kab. Musi Rawas

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa

Perahu Motor untuk Warga Pedalaman, Dusun Sri Pengantin, Kab. Musi Rawas

Update : 28 Aug, 2021


Dusun Sri Pengantin terletak di Desa Pasenan, Kec. Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas, Kab. Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan yang termasuk ke dalam Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

da911eea9dbfa257c73272d12eafd723.jpg

Kawasan ini, merupakan kawasan yang dilindungi berdasarkan surat keputusan No.420/Menhut-II/2004 Pengembangan dan pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk melindungi sumberdaya alam hutan. Dinamika pembangunan menuntut agar upaya pelestarian alam bukan hanya demi kelestarian alam itu sendiri tetapi juga untuk kelangsungan pembangunan bangsa dan kesejahteraan manusia sepanjang masa, serta untuk menopang tiga fungsi utama suatu kawasan alami, yaitusebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman hayati dansumber plasma nutfah serta pemanfaatan yang lestari keanekaragaman hayati dan ekosistemnya. (https://tnkerinciseblat.or.id/)

ae21eac778642ad48d35ef11d2842db0.jpg

Sri Pengantin memang sangat indah, meskipun untuk akses menuju ke lokasi belum ada jalur darat, sehingga kita harus melalui perjalanan menggunakan getek (sebutan lokal untuk perahu motor) selama 1,5 jam perjalanan dari dermaga Desa Pasenan, Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas. Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati keindahan sungai dan pegunungan, rimbun pepohonan serta udara yang sejuk, dengan arus sungai yang cukup deras. Oleh sebab itulah, dusun Sri Pengantin pernah m asuk ke dalam tiga nominasi terbaik kategori Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020.

bdc4bde47bef8717f5fe3f460e239d6e.jpg

Masuknya Dusun Sri Pengantin ke tiga nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020 tidak mengubah akses menuju dusun Sri Pengantin mudah dan murah. Bagaimana tidak, akses getek yang menuju ke Dusun Sri Pengantin tidak setiap hari bahkan tidak sama sekali jika tidak ada penumpang. Selain itu biaya sewa kapal pun dirasa cukup mahal yaitu Rp50.000/orang (pulang-pergi) atau Rp150.000/kapal apabila harus keluar dusun menuju kota untuk mendapatkan kebutuhan belajar mengajar, kebutuhan kesehatan, serta kebutuhan darurat lainnya.

0c537e27c09701426a92369291b404ea.jpg

Masuknya ke dalam kawasan yang dilindungi serta keterbatasan akses transportasi masyarakat di sana, khususnya transportasi darat. Masyarakat hanya dapat menggunakan perahu motor, dengan waktu tempuh selama 1 jam dari Desa Pasenan menuju Dusun Sri Pengantin. Sedangkan perjalanan menggunakan perahu pun menjadi sulit apabila cuaca sedang tidak mendukung dan arus yang sedang deras atau saat sungai sedang dangkal, perahu motor pun sulit untuk dijalankan. Perahu motor menjadi harapan baru bagi masyarakat, tenaga pengajar, serta tenaga kesehatan di sana untuk dapat membantu masyarakat dusun Sri Pengantin mendapatkan akses transportasi yang lebih baik.

ACT mengajakmu ikutan berwakaf kapal kemanusiaan untuk kebutuhan warga dusun Sri Pengantin. Maukah kamu bergabung dalam ikhtiar penyelamatan saudara ini? Yuk ikut bersedekah sekarang melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang