Mencuci di Kubangan, Yuk Bantu Santri Al Mabrur Miliki Sumber Air Layak!

Pondok Pesantren Al Mabrur tidak memiliki sumber air yang layak, akhirnya demi memenuhi kebutuhannya mereka terpaksa mengambil air tadah di kolam yang warnanya tidak jernih sama sekali. Mari bantu penuhi kebutuhan air mereka.

Simpan

Mencuci di Kubangan, Yuk Bantu Santri Al Mabrur Miliki Sumber Air Layak!

Target

0 0

0%
0 71 hari tersisa

Mencuci di Kubangan, Yuk Bantu Santri Al Mabrur Miliki Sumber Air Layak!

Update : 11 Aug, 2021


Pondok Pesantren Al Mabrur terletak di Dusun Bendungan, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Sejak tahun 1987, pesantren ini menjadi tempat belajar santri yang sebagian besar berasal dari warga setempat, dan beberapa lainnya berasal dari luar kota seperti Tangerang, Bogor dan Garut.

Saat ini Pondok Pesantren Al-Mabrur memiliki santri 67 orang, dengan rincian 40 santri mar’ah (perempuan) dan 27 santri rijal (laki-laki). Semua santri dapat menuntut ilmu di sini, tanpa dipungut biaya sama sekali. Seluruh operasional termasuk kebutuhan makan sehari-hari berasal dari hasil pertanian lahan milik pemerintah desa yang boleh dimanfaatkan oleh pesantren.

c6620a87e3a9ceff40255b842eddef42.jpg

Meski beberapa kebutuhan dapat terpenuhi, tetapi ada satu permasalahan yang masih dihadapi oleh ponpes ini, yaitu tidak adanya sumber air yang layak. Akhirnya untuk memenuhi kebutuhan air seperti untuk mencuci dan memasak, mereka terpaksa mengambil air tadah di kolam yang warnanya tidak jernih sama sekali.

Santri-santri hanya memiliki satu wilayah kolam yang menadah sumber air. Kolam ini dangkal dan terbuka sehingga kualitas air tidak baik, namun tidak adanya sumber air dan fasilitas sanitasi lainnya menyebabkan santri harus bertahan dengan sumber air yang ada.

97b4bf9fe7dfafbde5c7e5a7c99d1d7b.jpg

Meski dengan keterbatasan ini, tak lantas menyurutkan semangat para santri untuk menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al-Mabrur. Siang dan malam aktivitas mengaji tidak pernah berhenti. Lantunan ayat-ayat suci Al-Quran senantiasa bergema di seluruh bagian ponpes.

Sahabat, saat ini para santri sangat membutuhkan sumur wakaf dengan instalasi MCK yang memadai agar dapat digunakan untuk bersuci dan untuk keperluan sehari-hari. Maukah kamu turut membantu terwujudnya keinginan ini?

"Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta'ala" (HR. Muslim).

cf32d4a5c6605cb68611568a230c3ba8.jpg

Insya Allah, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bandung akan berikhtiar untuk membangun sumur wakaf berikut dengan instalasi pengairannya, agar para santri Pondok Pesantren Al-Mabrur dapat memiliki sumber air yang bersih dan layak.

Mari bantu santri Al Mabrur miliki sumber air yang layak melalui Wakaf Sumur kita!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang