Tak Punya Sumber Air Layak Sejak 2009, Yuk Bangun Sumur Wakaf Desa Penaga!

Tak lagi layak guna, bantu warga Desa Penaga punya sumber air yang memadai dengan patungan berwakaf sumur. InsyaAllah, wakafmu mudahkan mereka bersuci dan beribadah!

Simpan

Tak Punya Sumber Air Layak Sejak 2009, Yuk Bangun Sumur Wakaf Desa Penaga!

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa

Tak Punya Sumber Air Layak Sejak 2009, Yuk Bangun Sumur Wakaf Desa Penaga!

Update : 10 Aug, 2021


Saad bin Ubadah Radhiyallahu 'Anhu bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?" Beliau menjawab, "Memberi air." (HR. Abu Daud)
---

Bagaimana rasanya hidup di wilayah minim air, nyaris sepanjang tahun? Warga Kampung Tanah Merah, Desa Penaga, Teluk Bintan, Kabupaten Bintan paham betul seperti apa sulitnya.

Bayangkan, sejak tahun 2009 masyarakat nelayan di dua wilayah Kampung Tanah Merah harus menunggu selama dua hari sekali untuk bisa mengambil air di satu mata air yang sama, demi keperluan minum dan mencuci. Bau yang tidak sedap saat air mulai mengering tidak mereka hiraukan, yang penting mereka bisa mendapatkan kebutuhan paling esensial dalam hidup makhluk hidup tersebut. Bahkan, banyak di antara mereka yang masih saja kehabisan air, walaupun telah menunggu.

0f39c66d4dcf5cbc81d63a1bb079e4bf.jpg

57458494b7a343df6c6dda55dcdf3432.jpg

Masyarakat Desa Penaga memang hanya bergantung pada satu sumber mata air saja. Sumber air itulah yang saat ini dimanfaatkan oleh dua daerah di Dusun 3 Desa Penaga. Kedua daerah itu adalah Sungai Tiram dan Kampung Tanah Merah.

Menurut Rudi selaku Ketua RT di Kampung Tanah Merah, saat musim kemarau tiba mata air tersebut akan mengering. Kalaupun masih tersisa air di dalamnya, air tersebut tidak layak digunakan lantaran keruh dan berbau tidak sedap dari sampah dedaunan dan kotoran lainnya. Ketika kondisi airnya sudah terlalu buruk, masyarakat setempat terpaksa merogoh kocek lagi untuk membeli air dari penjual air bersih keliling. Padahal, berapalah hasil melaut yang mereka dapatkan setiap hari. Hanya bisa memenuhi kebutuhan makan harian, ditambah pula terbebani dengan keharusan membeli air.

f90145cf947ba99d0799bdfd77f71676.jpg

Apalagi, sumber air ini jugalah yang digunakan oleh warga sehari-hari untuk menjalankan ibadah di masjid setempat. Tentu, hal ini membuat pengurus masjid setempat kebingungan. Bagaimana bisa mereka memenuhi kebutuhan bersuci jamaah jika mesti terus menerus membeli air? Padahal dana kas masjid begitu minim.

594f8decea3f9629fdf72a41dbed53c8.jpg

Saat ini, masyarakat berharap bisa mendapatkan bantuan sumur yang digali cukup dalam, sehingga dapat menembus sumber air yang berkualitas cukup baik. Dengan demikian, mereka dapat mengonsumsi air yang layak pakai.

Insya Allah tim Aksi Cepat Tangggap dan Masyarakat Relawan Indonesia wilayah Tanjungpinang akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangunkan sebuah sumur wakaf kepada masyarakat nelayan di Desa Penaga, yang disertai dengan sarana MCK umum untuk memudahkan kebutuhan warga dalam membersihkan diri. Ikhtiar ini sulit terwujud tanpa adanya dukungan dari Sahabat Dermawan di mana pun berada. Yuk, mari bersama kita mencari keridhoan Allah Ta'ala dengan saling tolong-menolong dalam pembuatan sumur wakaf di Desa Penaga!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang