Mari Menjaga Lingkungan dan Kelestarian Hutan dengan Wakaf Hutan

Hutan berbasis wakaf adalah solusi untuk pelestarian alam, langkah strategis dan nyata untuk menanggulangi kerusakan hutan yang jadi sebab banyak terjadi bencana alam. Ayo, hijaukan bumi agar lestari dengan tunaikan wakaf hutan!  

Simpan

Mari Menjaga Lingkungan dan Kelestarian Hutan dengan Wakaf Hutan

Target

0 0

0%
0 40 hari tersisa

Mari Menjaga Lingkungan dan Kelestarian Hutan dengan Wakaf Hutan


Indonesia akhir-akhir ini sedang dirundung kesedihan, banyak bencana alam yang terjadi di berbagai penjuru Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa dalam kurun waktu tahun 2020 telah terjadi 2,925 kejadian bencana terhitung dari tanggal 1 Januari sampai 28 Desember 2020.

Dilihat dari data BNPB, bencana yang terjadi didominasi oleh bencana alam hidrometeorologi, dimana bencana banjir menduduki posisi pertama dengan jumlah 1.065 kejadian di sepanjang tahun 2020, disusul oleh bencana angin puting beliung sebanyak 873 kejadian, tanah longsor 572 kejadian, Karhutla 326 kejadian, gelombang pasang dan abrasi 36 kejadian dan kekeringan terjadi sebanyak 29 kejadian (https://www.bnpb.go.id/).

f4e2b1ac118b62374a60d399a501879b.jpg

Salah satu kejadian bencana yang sulit dilupakan pada tahun 2020 adalah bencana banjir dan longsor yang ada di wilayah Bogor Barat, Kabupaten Bogor, meliputi Kecamatan Sukajaya, Cigudeg, Jasinga, dan Nanggung yang terletak di sekitar Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Sebanyak 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4 orang dilaporkan hilang akibat bencana ini (detik.com, 9/1/2020).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyatakan, salah satu penyebab bencana banjir bandang dan longsor di wilayah Bogor Barat, Kabupaten Bogor, adalah kerusakan hutan akibat perambahan hutan ilegal dan penambangan liar.

962f5ab7b3c29b48f3e8694641ef5964.jpg

Ulah manusia yang serakah terhadap alam seperti perambahan hutan ilegal dan penambangan liar sudah menjadi rahasia umum penyebab bencana alam khususnya di kawasan hutan yang ada di Indonesia. Jika dibiarkan terus menerus mungkin akan lebih banyak lagi bencana alam yang akan terjadi. Oleh karena itu diperlukan langkah strategis dan nyata untuk menanggulangi kerusakan hutan. Salah satu solusi yang sudah dikembangkan adalah hutan berbasis wakaf.

Konsep wakaf memberikan angin segar dalam upaya-upaya pelestarian hutan, karena wakaf yang memiliki unsur keabadian membuat hutan berbasis wakaf menjadi lebih terjamin kelestariannya. Di Indonesia telah terdapat regulasi khusus yang mendukung keabadian aset wakaf, yaitu UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf.

50b467820306c3026af937dd27373b5c.jpg

Melalui hutan wakaf maka pelestarian lingkungan dilakukan dengan cara MEMBANGUN HUTAN DI ATAS TANAH WAKAF. Saat ini di Bogor ada 5 lahan hutan wakaf dengan total luas tanah sekitar 1 hektar yang dikelola oleh Hutan Wakaf Bogor. Harapannya Wakaf Berbasis Hutan ini terus semakin luas dan bertambah demi menjaga pelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuhan, lalu ada burung, atau manusia, atau binatang yang memakan sesuatu dari tanaman tersebut, melainkan itu akan menjadi sedekah baginya," (HR Al Bukhari).

1e47a5e9bcef11185fd710eab0bf4b5e.jpg

Selain melakukan pelestarian hutan melalui program ekologi dengan penanaman berbagai jenis pohon produktif, di Hutan Wakaf juga mengembangkan program-program pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi hutan wakaf mulai dari program ekonomi, pendidikan, sosial dakwah, penelitian dan kemanusian yang berupaya hadir dalam musibah dengan berkolaborasi antara berbagai pihak untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Hal ini dimaksudkan agar dapat mendorong upaya pelestarian alam yang sekaligus berdampak positif bagi perekonomian, pendidikan, dan pemahaman agama warga setempat.

Sahabat Dermawan, Manfaat yang sangat besar dari Hutan Wakaf perlu untuk dilanjutkan dan dikembangkan, oleh karena itu kami mengajak Sahabat Dermawan untuk mendukung pengembangan hutan wakaf. Dengan berwakaf untuk Hutan bersama Hutan Wakaf Bogor berarti Anda telah beramal jariyah sepanjang masa. Barakallah! :)

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang