Beri Apresiasi Terbaik untuk Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

Pejuang garda akhir seringkali terlupakan mendapat apresiasi. Padahal, merekalah yang berjibaku mengebumikan jasad pasien Covid-19 tak kenal waktu, terkadang dengan perlengkapan yang seadanya. Yuk, berikan apresiasi untuk para relawan pemakaman!

Simpan

Beri Apresiasi Terbaik untuk Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

Target

0 0

0%
0 103 hari tersisa

Beri Apresiasi Terbaik untuk Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19

Update : 11 Aug, 2021


Inilah para pahlawan garda akhir yang kerap terlupakan.

Sepanjang pandemi Covid-19 menghantui negeri ini sejak satu setengah tahun yang lalu, para pejuang penanganan wabah kerap luput mendapatkan apresiasi. Apalagi mereka yang berstatus petugas pemakaman, atau kasarnya disebut tukang gali kuburan. Padahal, banyaknya kasus kematian di Indonesia selama pandemi menyebabkan para tukang gali ini kewalahan menuntaskan pekerjaannya. Alhasil, banyak masyarakat yang tergerak menjadi relawan semata-mata atas nama kemanusiaan, salah satunya tim MRI ACT di Jawa Tengah.

76c05a5d5e022cf588c68406c768428a.jpg

Siang malam tak kenal lelah para relawan MRI-ACT yang bergabung ke dalam satgas penanganan Covid-19 dengan sukarela menjadi petugas pemakaman jenazah pasien Covid-19. Sehari semalam mereka bekerja dengan peralatan seadanya. Tidak menggunakan alat berat seperti di kota-kota besar, para relawan harus menggali tanah menggunakan cangkul secara bergantian. Para relawan juga menggotong peti jenazah, lalu menguburkannya menggunakan cangkul secara bersama-sama.

71b6d0121c206f78c15853ef30650a57.jpg

Meskipun bekerja dengan menggunakan APD lengkap, rasa takut akan virus tersebut bukan berarti sirna. Terlebih, para relawan ini memiliki keluarga di rumah yang harus mereka jaga supaya tidak tertular di masa gawat darurat pandemi ini. Berbagai kendala pun kerap ditemui oleh para relawan kemanusiaan ini. Mulai dari penolakan penjemputan jenazah, akses jalan yang ditutup warga, kurangnya APD, hingga jarak tempuh antara tempat pemakaman yang berbeda-beda. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka biasanya iuran dan bergotong royong sesama anggota. Bantuan langsung dari dermawan tentu sangat mereka harapkan, mengingat minimnya honor yang mereka dapatkan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR Muslim)

6046050d1f6031b2315810631edd0ec0.jpg

Sahabat, para relawan pemakaman Covid-19 sejatinya adalah pahlawan di masa pandemi ini. Mari kita bersama-sama mematuhi protokol kesehatan, dan memberikan kepedulian terbaik untuk merangkul setiap elemen bangsa demi kesembuhan negeri kita tercinta.

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah mengajak kamu untuk memberikan apresiasi terbaik bagi para relawan kemanusiaan berupa:
- APD
- Suplemen dan Vitamin
- Paket Sembako
- Insentif

Mohon doanya semoga tim yang bertugas diberikan kesehatan selalu dalam mengemban amanah kemanusiaan ini, aamiin...

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang