Rumah Musnah dalam Kebakaran Besar, Bantu Ratusan Warga Makassar

Sebanyak 397 jiwa terpaksa harus mengungsi dan mereka sangat membutuhkan bantuan logistik hingga biaya renovasi rumah. Mari bersama kita bantu saudara terdampak kebakaran di Makassar agar kebutuhan mereka bisa tercukupi di masa darurat

Simpan

Rumah Musnah dalam Kebakaran Besar, Bantu Ratusan Warga Makassar

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa

Rumah Musnah dalam Kebakaran Besar, Bantu Ratusan Warga Makassar


Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Kabar duka datang dari Makassar, Sulawesi Selatan, setelah kebakaran besar melanda wilayah permukiman padat penduduk di Kompleks Lepping, Jalan Muhammad Tahir, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Rabu (11/8).

c1335ede4a79e1c8e9cd8ee53776ab30.jpg

Peristiwa kebakaran terjadi pada hari Rabu 11 Agustus 2021 sekitar pukul 10.00 WITA dan telah berhasil dipadamkan di hari yang sama sekitar pukul 14.00 WITA. Penyebab kebakaran bersumber dari salah satu rumah warga yang ditinggal pergi penghuninya sementara dalam keadaan memasak sehingga kompornya meledak. Menurut tim Aksi Cepat Tanggap Makassar (ACT) yang berada di lapangan, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun ditaksir kerugian mencapai miliaran rupiah.

d21f265b51a596508811505fc8a20583.jpg

Kebakaran menghanguskan 95 rumah dan menyebabkan 397 jiwa terpaksa harus mengungsi. Sebagian dari mereka ada yang mengungsi di masjid terdekat, ada yang masih bertahan dirumah mereka walaupun beralaskan tikar tanpa atap dan ada juga yang menumpang di sanak keluarga terdekat.

Ibu Jumaria (45 tahun) salah satunya, rumahnya rata dengan tanah dan satu-satunya yang dimiliki saat ini hanya pakaian di badannya saja. Ketika ditanyai oleh tim Emergency Response ACT Makassar yang langsung bersiaga sesaat setelah kejadian di lokasi kebakaran, ia mengaku saat ini kebingungan, karena barang-barangnya tak ada yang tersisa termasuk uang yang disimpan di rumah. Semuanya habis dimakan api.

ba7f7e08b9a8c42e3cbd2694d8a96d96.jpg

"Waktu kejadian, saya ndak bisa apa-apa lagi karena api sangat besar, yang saya pikirkan saat itu selamatkan diri, anak saya dan serta suami. Saat ini harta saya cuman pakaian yang saya pakai sekarang ini. Malam ini saya tidur disini saja, bekas rumah saya yang terbakar pakai tenda dan alas tikar, saya bingung mau ke mana" ucapnya.

Curahan hati Bu Jumaria tersebut mewakili ratusan ibu lainnya yang kini hanya bisa termenung menanti uluran tangan kita. Bantuan yang sangat dibutuhkan saat ini berupa makanan siap saji, bahan makanan pokok, pakaian layak pakaian, perlengkapan bayi tenda, tikar, selimut hingga biaya renovasi rumah.

e93bb89ed268d2e0681335ccf8e966be.jpg

Selain merespons kejadian ini dengan menurunkan tim evakuasi, ACT Makassar juga membuka Posko Kemanusiaan di Jalan Muh. Tahir No. 29 Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Prov. Sulawesi Selatan yang jaraknya tak jauh dari lokasi kejadian. Nantinya posko kemanusiaan ini akan digunakan sebagai pusat sentralisasi pengumpulan bantuan dan akan disalurkan secara bertahap sesuai hasil pendataan tim Emergency Response ACT yang ada di lapangan sebagai upaya agar bantuan yang Sahabat Dermawan titipkan dapat tersalurkan secara tepat sasaran.

"...Barangsiapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat" (HR Muslim)

Ayo Sahabat, ringankan duka saudara terdampak bencana dengan sedekah terbaik kita. InsyaAllah Aksi Cepat Tanggap Makassar berupaya maksimal untuk mendampingi para warga terdampak hingga masa pemulihan. Bantuan melalui donasi tertulusmu amat dinantikan di masa-masa darurat ini. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang