Wakaf Quran Santri Tahfidz Perbatasan Negeri Syekh Hamzah Fansuri

Santri Tahfidz di perbatasan Aceh, tepatnya di Kota Subulussalam sangat perlu diperhatikan mengingat daerah tersebut merupakan pintu gerbang masuk ke Aceh dari Sumatera Utara

Simpan

Wakaf Quran Santri Tahfidz Perbatasan Negeri Syekh Hamzah Fansuri

Target

0 0

0%
0 71 hari tersisa

Wakaf Quran Santri Tahfidz Perbatasan Negeri Syekh Hamzah Fansuri

Update : 21 Aug, 2021


Syamsun Ni’am dalam tulisannya mengatakan bahwa, menurut beberapa catatan sejarah, Hamzah Fansuri dilahirkan di kota Barus, sebuah kota yang dinamai “Fansur” oleh beberapa orang Arab pada zamannya. Nama ini kemudian menjadi laqab yang diberikan kepada nama Hamzah, yaitu al-Fansuri. Kota Fansur terletak di pantai Barat provinsi Sumatera Utara, di antara Singkil dan Sibolga. Ada pendapat yang menyatakan bahwa Hamzah Fansuri berasal dari Bandar Ayudhi (Ayuthia), Ibukota Kerajaan Siam, tepatnya di suatu desa yang bernama Syahru Nawi di Siam, sekarang dinamakan dengan Thailand. (Ni’am, 2017).

Kota Subulussalam yang juga sering disebut negeri Syekh Hamzah Fansuri adalah sebuah daerah yang terletak di provinsi Aceh berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara.

6e9a07d6bf4a07c7f0544cbd32e3bce3.jpg

Saat ini di pelosok (perbatasan) Subulussalam, ada beberapa tempat yang kondisi mushaf Al Qurannya sudah usang dan mengalami beberapa kerusakan seperti halaman yang sobek atau hilang. Kondisi ini membuat konsentrasi santri kurang maksimal menggunakan alquran untuk dihafal.

Meski demikian, untuk membentuk pribadi yang santun dan berakhlak qurani, semangat mereka untuk mengaji dan menghafal Al-Quran tak pernah luntur. Masyarakat pada umumnya masih bertahan dengan tema ETAH MACA (Ayo Mengaji).

cc5342c461301896e075b925c6513ce3.jpg

Al-Quran khusus hafalan masih jarang ditemukan dipasaran dan kadang tidak seragam untuk 1 pondok pesantren. Penyeragaman Al-Quran nantinya bisa menjadi sebuah metode untuk mempermudah santri dalam proses setoran hafalan. Selain Al-Quran, untuk menambah kenyamanan para santri diperluhkan juga meja dan alat penerangan yang nyaman.

"Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia." Kemudian Anas berkata lagi, "Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?" Baginda manjawab, "yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah." (HR. Ahmad)

e0c89ea498aebd9a704f78b85f1addb1.jpg

Sebagai wujud ikhtiar untuk memuliakan para penghafal Al-Quran, Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Subulussalam akan melakukan pengadaan Al-Quran khusus hafalan dan peralatan pendukung untuk para santri dan para penghafal Al-Quran di wilayah ACT Cabang Subulussalam.

Ketika kita belum mampu terjun langsung menjadi penghafal Al-Quran, maukah setidaknya kita menyisihkan sebagian harta untuk memuliakan para penghafal Al-Quran?

alurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI/BSI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email
Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang