Sungai Hitam Pekat, Hadirkan Sarana Sanitasi Layak di Pelosok Deli Serdang

Sumber air hitam pekat, warga pelosok Deli Serdang ini butuh fasilitas MCK dan sumur yang memadai. Yuk bangun sumur wakaf di sana!

Simpan

Sungai Hitam Pekat, Hadirkan Sarana Sanitasi Layak di Pelosok Deli Serdang

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa

Sungai Hitam Pekat, Hadirkan Sarana Sanitasi Layak di Pelosok Deli Serdang

Update : 01 Sep, 2021


Percayakah kamu jika diceritakan bahwa masih ada desa-desa di pelosok negeri yang warganya masih melakukan kegiatan MCK di pinggir sungai?

ad5617e47664c0788900adfa14d0ea35.jpg


Bagi warga perkotaan mungkin kegiatan MCK di sungai bukan lagi kegiatan yang lumrah. Rasanya hampir seluruh rumah di kawasan urban telah dilengkapi sarana dan prasarana air bersih serta MCK di dalam ruangan. Tetapi bagi banyak masyarakat rural, hal ini adalah kemewahan. Air bersih adalah barang langka yang harus mereka beli dengan harga mahal. Setidaknya, itulah yang dirasakan warga Dusun XV, Desa Karang Gading, Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara.

bce9ed8718a88226595e97849dcd6683.jpg

Era modernisasi nampaknya tidak menjangkau kehidupan warga Dusun XV dalam hal sanitasi. Baru sekitar 10 persen dari warga dusun yang berjumlah 170 KK dan 683 jiwa itu yang memiliki sumber air bersih dan MCK memadai. Pada umumnya, masyarakat masih membuang air besar dan mencuci pakaian di sungai depan rumah mereka, yang kondisinya jauh dari kata layak.

Air sungai yang mengalir begitu kotor berwarna hitam. Baunya tidak sedap, potensial menjadi sumber penyakit. Sumber air buatan berupa sumur pompa buatan pernah dibangun oleh pemerintah sekitar 20 tahun yang lalu, namun kini mulai rusak dan air yang dihasilkan pun tidak berkualitas baik. Sumur yang dibangun di wilayah ini haruslah berukuran dalam, sekitar 110 meter di bawah permukaan tanah. Jika tidak, air masih berupa air payau yang tak layak konsumsi.

ba4d7c7eb4b74fd9043a79e9ed045bd8.jpg

Warga sangat ingin memiliki sumur dan MCK yang sepantasnya. Namun, apa daya, sebagian besar mereka merupakan nelayan dan petani dengan penghasilan minim. Maksimal hanya 1 juta penghasilan mereka dalam sebulan. Jumlah ini hanya cukup untuk menghidupi keluarga. Iuran pembangunan MCK dan sumur tentu memberatkan.

Oleh karena itu, insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Medan berikhtiar melakukan pembangunan sumur di Desa Karang Gading agar masyarakat bisa mendapatkan air yang bersih dan tidak lagi menggunakan air sungai yang sudah hitam pekat. Sahabat, marilah kita bantu saudara-saudara kita di Desa Karang Gading yang saat ini mengalami krisis air bersih dan selama berpuluh tahun menggunakan air sungai yang hitam pekat. Yuk salurkan bantuan terbaikmu!

2fce3d6c0dec5f7fd449a27892718638.jpg

Dalam sebuah hadits, Saad bin Ubadah bertanya, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?" "Beliau menjawab, "Memberi air (sedekah air)." (HR. Abu Daud)

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang