Suami Sakit Ginjal Bocor, Ibu ini Banting Tulang Sendiri Menjadi Pekerja Batu Bata

Sudah bertahun-tahun Bu Masudah menggantikan peran suaminya yang sakit untuk menjadi tulang punggung keluarga dengan menjadi buruh batu bata. Sahabat, mari mudahkan kehidupan Bu Masudah!

Simpan

Suami Sakit Ginjal Bocor, Ibu ini Banting Tulang Sendiri Menjadi Pekerja Batu Bata

Target

0 0

0%
0 133 hari tersisa

Suami Sakit Ginjal Bocor, Ibu ini Banting Tulang Sendiri Menjadi Pekerja Batu Bata


"1000 batu bata harus jadi mbak. Biar dapat upah 70.000 buat bayar cicilan pinjaman," ungkap Bu Masudah sambil mengelap peluh keringat sambil mencetak batu bata tanpa henti.

Bu Masudah menggeluti profesi ini sejak 24 tahun yang lalu tanpa pernah sekalipun mengeluh karena hanya inilah jalan rezeki satu-satunya yang bisa ia perjuangkan. Bu Masudah menjadi tulang punggung keluarga selepas suaminya mengidap penyakit ginjal bocor dan lambung yang membuatnya harus tinggal di rumah. Sebelum sakit yang diderita, sang suami masih bisa membantu pemenuhan kebutuhan nafkah untuk keluarganya tetapi kini ia hanya berbaring di kasur tak berdaya.

66fa5f0201381232f80e3716b21fa9c0.jpg

Setiap harinya bu Masudah harus membuat setidaknya 1000 balok batu bata untuk mendapatkan upah senilai Rp 70.000. Jika kurang dari 1000 balok, maka upah yang diterima secara otomatis akan kurang dari itu, begitu pula sebaliknya. Pernah terbanyak bisa menghasilkan 1200 batu bata, tetapi esok harinya Bu Masudah jatuh sakit akibat kelelelahan yang dirasa.

"Kalau cuaca panas, saya tambah senang karena bisa bekerja tanpa khawatir, mbak. Tapi kalau hujan, bisa jadi gak bawa uang sama sekali pas pulang. Dan itu sering saya alami pas musim penghujan. Pas gak punya uang, ya hutang. Untung tetangga saya baik-baik, mbak,” aku Bu Masudah sambil menatap nanar membayangkan ketegaran hidup yang ia lalui.

c95686a5b90ee5f2dd72e649cfc2897b.jpg

Selain itu, kondisi suaminya pun kini memprihatinkan. Sakit ginjal bocor dan lambung yang dideritanya semakin parah hanya terbaring lemah dengan kaki yang membengkak. Berobat pun tak bisa karena tak adanya uang untuk memenuhi kebutuhan kesembuhannya hingga Bu Masudah menggadaikan sertifikat rumah dan sepeda motor miliknya pada rentenir. Kini ia harus membayar 1,5 juta tiap bulannya untuk membayar bunga pinjaman.

Bu Masudah bisa kuat menghadapi segala ujian kehidupan adalah anak dan cucunya. Melihat mereka bisa hidup lebih baik adalah cita-cita Bu Masudah. Harapannya pun sederhana, kedua anaknya yang masih sekolah bisa menyelesaikan sekolahnya kemudian bekerja lebih layak.

9ca01d527bab63429ffd536efadf408e.jpg

"Saya yakin ada Allah yang menguatkan, makanya saya bisa ikhlas mbak.” Kata Bu Masudah di akhir kisahnya.

Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu beliau bersabda, ‘Apakah salah seorang dari kalian tidak mampu untuk memperoleh seribu kebaikan setiap hari?’ Maka seseorang yang duduk bertanya, ‘Bagaimana seseorang bisa memperoleh seribu kebaikan?’ Beliau menjawab, ‘Ia bertasbih seratus kali, maka akan ditulis untuknya seribu kebaikan, atau dihapus darinya seribu kesalahan.’” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2698]

c903e5b09d3f5f213751d04c39aec47b.jpg

Insya allah tim Aksi Cepat Tanggap Malang akan membantu pelunasan sertifikat rumah dan sepeda motor yang telah digadaikan demi memenuhi kebutuhan medis suaminya. Melunasi hutang yang dipinjam oleh bu Masudah. Membantu pengobatan suami hingga bisa sehat kembali dan merenovasi rumah bu Masudah yang sempat rubuh karena gempa beberapa bulan silam.

Nah, Sahabat saatnya kita menjadi alasan terpancarnya senyum Bahagia bu Masudah. Menjadi jawaban atas segala harap doanya. Yuk, kuatkan Bu Masudah dengan 1000 kebaikan terbaik dari kita!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang