Cukupi Kebutuhan Lansia Veteran Jawa Barat yang Hidup Memprihatinkan

25 persen dari lebih 27 ribu veteran di Jawa Barat hidup memprihatinkan di masa senjanya. Padahal tanpa mereka, takkan bisa kita rasakan nikmat kemerdekaan di Indonesia. Ayo cukupi kebutuhan mereka dengan sedekah terbaik kita!

Simpan

Cukupi Kebutuhan Lansia Veteran Jawa Barat yang Hidup Memprihatinkan

Target

0 0

0%
0 102 hari tersisa

Cukupi Kebutuhan Lansia Veteran Jawa Barat yang Hidup Memprihatinkan

Update : 17 Aug, 2021


Bagaimana kabar para pejuang kemerdekaan yang kini masih menjalani kehidupan?

Sahabat, mungkin kita pernah menonton film-film perjuangan kemerdekaan, atau melihat monumen-monumen pahlawan yang menjadi landmark kota. Ada yang monumennya dengan gagah menunggang kuda, ada yang mengacungkan senjata, dan ada pula pose mengepal sebagai simbol perlawanan. Mereka semua dulu adalah pahlawan besar, hingga bangsa ini mengabadikan sosoknya agar dikenang sepanjang masa, serta anak-anak hari ini dapat mengetahui siapakah para pejuang bangsa ini.

32fc96d3e459f4ef3463fa1deb600849.jpg

Namun, tahukah Sahabat? Tidak seluruhnya di antara mereka telah syahid. Banyak para pahlawan yang kini masih hidup, menjalani hari tua bersama keluarga tercinta. Mereka dikenal sebagai VETERAN.

Barangkali perjuangannya tidak dikenal. Nama mereka tak disebut dalam buku-buku sejarah layaknya pahlawan nasional. Meskipun demikian, mereka semua adalah pasukan yang dulu dengan gagah berani memperjuangkan bangsa ini, ada yang sebagai infantri, pasukan artileri, hingga tenaga kesehatan.

Kisah heroik yang dimiliki veteran tak menjamin hidup mereka di masa tua sejahtera. Seperti Faqih yang tinggal sendiri di sudut Kota Bandung. Hidupnya sepi, tak seramai suasana perjuangan dahulu. Rumahnya pun tak layak huni. Hanya berupa gubuk tua kecil. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, lansia veteran seperti Beliau hanya mengandalkan uang pensiun yang jumlahnya terlampau minim. Itu pun apabila dana pensiun bisa dicairkan tanpa kendala.

2cbdbaf40653b0f2aa9e4a6ef21c5b97.jpg

Pak Faqih tidak sendiri, sekitar 25 persen dari lebih 27 ribu Legiun Veteran Republik Indonesia di Jawa Barat hidup dalam kondisi jauh dari kata sejahtera. Kehidupan hari tua mereka begitu memprihatinkan. Tak nampak sisa-sisa kejayaan masa muda di tubuh yang semakin renta. Mirisnya, mereka seolah hidup terlupakan.

Bagaimana bisa kita melupakan jasa para veteran, para pejuang kedaulatan bangsa di masa tuanya? Mereka bertaruh nyawa puluhan tahun lalu demi kelangsungan hidup kita saat ini. Akankah kita memalingkan wajah tanpa berusaha menunjukkan apresiasi, beranggapan bahwa hanya negaralah yang bertanggung jawab pada kesejahteraan mereka? Kita semua, Sahabat, bertanggung jawab meringankan beban mereka di masa tuanya.

1633d95d2c2d56159865ce1b5ec5cb72.jpg

Untuk itu, ACT Jawa Barat mengajakmu untuk memberikan hadiah terbaik kepada para veteran lansia agar mereka tetap kuat bertahan dalam kondisi yang layak. InsyaAllah bantuan pangan pokok dan biaya hidup akan jadi penyemangat mereka, bukti bahwa mereka tidak diabaikan oleh bangsa ini; karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang