Tak Ada Tempat Berwudhu, Mari Bangun MCK di Surau Lubuk Kupik

Surau Lubuk Kupik tak memiliki sarana MCK dan tempat berwudhu yang baik selama sekitar 60 tahun. Sahabat, mari bantu hadirkan sarana MCK yang baik untuk jamaah surau ini.

Simpan

Tak Ada Tempat Berwudhu, Mari Bangun MCK di Surau Lubuk Kupik

Target

0 0

0%
0 128 hari tersisa

Tak Ada Tempat Berwudhu, Mari Bangun MCK di Surau Lubuk Kupik

Update : 10 Sep, 2021


Sudah 60 tahun sejak Surau ini berdiri, belum ada tempat berwudhu dan MCK.

Garabak Data adalah sebuah daerah di Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Desa ini berada 720 meter diatas permukaan laut. Akses ke Garabak Data hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan Trail dan Double Gardan dengan 8 jam perjalanan dari kota Solok dikarenakan akses jalan yang hanya 30% aspal dan beton. Sisanya adalah jalan tanah merah berbatu sehingga banyak memakan waktu untuk diperjalanan, apalagi ketika hujan turun.

3e0fdaf063c661dafac0d01e6fec5372.jpg

Perekonomian masyarakat Garabak Data bergantung pada hasil tani. Kebanyakan dari mereka merupakan masyarakat prasejahtera dan di setiap rumah tidak memilki MCK. Di masyarakat Garabak Data, mereka mengenal istilah WC Panjang, yaitu bagi mereka, sepanjang sungai itu ialah WC mereka.

40896787f30d73599c020c023e2990f2.jpg

Masyarakat di sana sangat ingin memiliki setidaknya satu MCK dan tempat berwudhu yang layak di surau atau mushalla mereka, agar untuk keperluan ibadah mereka tidak kesulitan lagi. Disana terdapat Surau Lubuk Kupik, dimana di sekitar surau tersebut terdapat 33 KK dan ada 54 anak-anak yang mengaji di surau itu setiap harinya. Surau ini juga menjadi pusat Ibadah masyarakat sekitar. Namun setelah 60 tahun surau ini berdiri, tidak ada MCK dan tempat berwudhu. Warga dan anak-anak sekitar harus berjalan dulu ke sungai terdekat untuk BAB, BAK, maupun berwudhu.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

b75d13f7f5106d0c45ac2e0c125544f5.jpg

Insya Allah ACT Sumatera Barat akan melakukan pembangunan MCK dan tempat berwudhu yang layak di Surau Lubuk Kupik di Kabupaten Solok, sehingga saudara muslim kita bisa lebih nyaman dalam melakukan aktivitas ibadah di surau mereka.

Sahabat, mari kita bersama-sama meringankan saudara muslim kita di pelosok negeri agar mereka memiliki MCK yang layak. InsyaAllah Aksi Cepat Tanggap Sumatera Barat berupaya maksimal untuk saudara muslim kita di Kabupaten Solok. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang